Al-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Anak AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Anak
Vol. 4 No. 2 (2023): Desember

IMPLEMENTASI ALAT MUSIK DALAM KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK RA-AZAHRA

Azizah Zein (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Dinda Asri Ramadhani (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Jihan Fadiyah Fithri Siregar (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Hilda Zahra Lubis (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada pengamatan awal kegiatan musik yang terjadi di sekolah ini. Hal ini dapat meningkatkan aspek perkembangan anak usia dini, seperti perkembangan sosial-emosional anak. Penelitian ini akan menggunakan teknik penelitian kualitatif deskriptif. Menggunakan teknik pengumpulan data yang menggunakan observasi dan dokumentasi data pendukung. Penelitian dilakukan oleh Jl. Itu terjadi di TK Az Zahra. Dilakukan.  SPP Junction, Desa Jaharun A, Kechi. Galant, taksi.  Sumatera Utara, Provinsi Deli Serdan. Subjek penelitian ini adalah anak-anak TK. Az Zafra. Studi ini menunjukkan bahwa bermain musik dapat meningkatkan keterampilan sosial dan emosional anak-anak di sekolah ini.  Ini terbukti ketika membuat musik, ketika anak-anak mengekspresikan semua jenis ekspresi tentang diri mereka sendiri. Dan dengan memainkan musik ini, anak-anak diajarkan langsung untuk bekerja sama dan berinteraksi satu sama lain. Dan berdasarkan hasil penelitian ini, musik dapat meningkatkan kecerdasan sosial-emosional anak dan membantu guru dan orang tua menemukan minat dan bakat anak-anaknya.Penelitian ini didasarkan pada pengamatan awal kegiatan musik yang terjadi di sekolah ini. Hal ini dapat meningkatkan aspek perkembangan anak usia dini, seperti perkembangan sosial-emosional anak. Penelitian ini akan menggunakan teknik penelitian kualitatif deskriptif. Menggunakan teknik pengumpulan data yang menggunakan observasi dan dokumentasi data pendukung. Penelitian dilakukan oleh Jl. Itu terjadi di TK Az Zahra. Dilakukan. SPP Junction, Desa Jaharun A, Kechi. Galant, taksi. Sumatera Utara, Provinsi Deli Serdan. Subjek penelitian ini adalah anak-anak TK. Az Zafra. Studi ini menunjukkan bahwa bermain musik dapat meningkatkan keterampilan sosial dan emosional anak-anak di sekolah ini. Ini terbukti ketika membuat musik, ketika anak-anak mengekspresikan semua jenis ekspresi tentang diri mereka sendiri. Dan dengan memainkan musik ini, anak-anak diajarkan langsung untuk bekerja sama dan berinteraksi satu sama lain. Dan berdasarkan hasil penelitian ini, musik dapat meningkatkan kecerdasan sosial-emosional anak dan membantu guru dan orang tua menemukan minat dan bakat anak-anaknya. Kata kunci: Alat; Musik; Sosial; Emosional; Anak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Al-Athfal

Publisher

Subject

Education

Description

AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Anak,(E-ISSN :2723-0813) |(P-ISSN:2723-245X) is an open access journal containing research articles in the field of Early Childhood Education. AL-ATHFAL receives articles in Indonesian, English, and Arabic. This journal publishes articles twice a year in July and ...