Jurnal Informatika Polinema (JIP)
Vol. 1 No. 2 (2015): Vol 1 No 2 (2015)

APLIKASI PENDETEKSI KEMIRIPAN PADA DOKUMEN MENGGUNAKAN ALGORITMA RABIN KARP

Inta Widiastuti (Unknown)
Cahya Rahmad (Unknown)
Yuri Ariyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2015

Abstract

Kemiripan dokumen merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk mengetahui penjiplakan dalam dokumen. penjiplakan adalah mencuri hasil karya orang lain dan mengakuinya sebagai karya sendiri, tanpa menyertakan referensi ke sumber aslinya. Praktik penjiplakan ini sering terjadi mengingat menyalin dokumen orang lain dapat dilakukan dengan mudah dengan proses yang bernama copy-paste. Untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan suatu hal yang dapat digunakan untuk membantu mendeteksi kemiripan dokumen dengan membandingkan pattern (pola) yang ada pada dokumen teks. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah Algoritma Rabin Karp. Algoritma Rabin Karp dapat mendeteksi similarity (kemiripan) di dalam dokumen. Algoritma ini menggunakan hashing untuk menemukan substring(suatu bagian dari string) dalam sebuah teks dengan menggunakan K-gram. Fungsi hashing adalah untuk mengubah suatu jenis data menjadi beberapa bilangan bulat sederhana. Jumlah Karakter yang digunakan sebagai pattern dalam hashing disebut sebagai K-gram. Bilangan bulat hasil dari tersebut akan menjadi tolok ukur untuk mengetahui berapa similarity yang ada pada dokumen tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan aplikasi pendeteksi kemiripan dengan membandingkan 2 dokumen. Penelitian ini memperlihatkan bahwa algoritma ini dapat berkerja dengan baik dalam mendeteksi kemiripan dokumen dengan memperlihatkan prosentase similarity yang ada pada dokumen tersebut.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jip

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Electrical & Electronics Engineering Library & Information Science

Description

The focus and scope of articles published in JIP (Journal of Informatics Polinema) encompasses the game technology, information system, computer network, computing, which covers the following scope: Game Technology Artificial Intelligence Intelligent System Machine Learning Image Processing Computer ...