JURNAL PENDIDIKAN PEMBELAJARAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
Vol 4 No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN PEMBELAJARAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DIMASA PANDEMI COVID-19 DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA

Usep Saepul Mustakim (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Syekh Manshur)
Ratna Dewi (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Syekh Manshur)
Ajeng Mulyasari (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Syekh Manshur)
Ade Juanto (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Syekh Manshur)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2022

Abstract

Pembelajaran tatap muka terbatas dimasa pandemi covid-19 ini tentu mendapatakan tantangan tersendiri karena dengan keterbatasan untuk saling menjaga protokoler kesehatan baik dosen maupun mahasiswa. Pembelajaran tatap muka terbatas dimasa pandemi ini diharapkan terlaksana dengan efektif dengan hasil belajar yang maksimal. Tujuan penelitian ini bermaksud untuk mengetahui seberapa besar tingkat efektivitas pembelajaran tatap muka terbatas dimasa pandemi covid-19 terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah pengantar ilmu pendidikan dengan harapan interpretasi nilai yang tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kuantitatif dimana data diperoleh dengan uji statistik yang dibantu dengan aplikasi SPSS for windows. Data diakumulasi dan dianalisis dengan analisis regresi sehingga setelah dilakukan perhitungan statistik diperleh nilai sebesar 61,70% yang mana nilai sebesar itu bisa diinterpretasikan cukup baik atau bisa dikatakan pembelajaran cukup efektif dimasa pandemi covid-19.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jp3m

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

JP3M is a periodical scientific journal published by FKIP UICM containing articles of research studies (theories and applications) as well as reviews of literature about ...