JPK: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
Vol 1, No 2 (2024): April 2024

Analisis Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendidikan Matematika Realistik Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 9 Sila

Atmaja, Jessy Parmawati (Unknown)
Rahmaniya, Nita (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada siswa kelas IV SD Negeri 9 Sila pada materi Bangun Ruang Sederhana. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain menurut Kemmis dan Mc.Taggart. Subjek penelitian yang digunakan adalah 26 siswa kelas IV SD Negeri 9 Sila. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan penerapan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dapat meningkatkan proses pembelajara dan hasil belajar matematika siswa. Pada pratindakan terdapat 7 siswa (26,9%) yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pada siklus I sebanyak 15 siswa (57,7%) telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan pada siklus II sebanyak 24 siswa (92,3%) telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPK

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

JPK: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan memuat hasil belajar dan pembelajaran, kajian konseptual dan hasil penelitian tentang Pendidikan dan Kebudayaan yang ada Sekolah dan Masyarakat pada umumnya yang dapat memberikan khasanah keilmuan. Jurnal ini terbit 4 kali dalam 1 tahun. Journal Title : JPK: ...