JPK: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
Vol 1, No 01 (2024): Januari 2024

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar IPA

Fathurrahmaniah, Fathurrahmaniah (Unknown)
Haryanto, Lutfin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tipe Make a Match terhadap peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Tonda. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Tonda yang terdiri dari 15 siswa dengan objek penelitian adalah mata pelajaran IPA yang diajarkan di kelas IV. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan teknik pengumpulan data secara kuantitatif dan menggunakan instrument berupa lembar observasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil belajar siswa Kelas IV SDN Tonda. Pada siklus I diperoleh 53,55% dan pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar sebesar 86,66%. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran tipe Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Tonda.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPK

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

JPK: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan memuat hasil belajar dan pembelajaran, kajian konseptual dan hasil penelitian tentang Pendidikan dan Kebudayaan yang ada Sekolah dan Masyarakat pada umumnya yang dapat memberikan khasanah keilmuan. Jurnal ini terbit 4 kali dalam 1 tahun. Journal Title : JPK: ...