Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih mendalam konsep dasar metode Partisipatori serta kelebihan dan kelemahannya dalam pembelajaran fiqih di madrasah, melalui pendekatan kualitatif. Penelitian ini dibuat berdasarkan mata kuliah pembelajaran fiqih di madrasah pada materi aplikasi metode partisipatori kelebihan dan kelemahannya. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode studi Pustaka yaitu menghimpun serta menganalisis dokumen tertulis, gambar karya ataupun elektronik, dan hasilnya menunjukkan bahwa metode partisipatori merupakan suatu metode pembelajaran yang memberikan peran lebih aktif terhadap peserta didik, sementara pendidik menjadi pemandu dan fasilitator yang mendukung proses pembelajaran. Pembelajaran berdasarkan proses dan pola induktif, tidak hanya terfokuskan kepada pendidik, dan dapat menimbulkan suasana pembelajaran yang tidak membosankan sehingga mendukung proses pembelajaran agar mencapai tujuan pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023