Jurnal Abdi Insani
Vol 11 No 2 (2024): Jurnal Abdi Insani

MENGANGKAT POTENSI UMKM: STRATEGI DIGITAL MARKETING UNTUK SUKSES PEMASARAN

Tri Sugiarti Ramadhan (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang)
Nanik Wahyuningtiyas (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang)
Muhammad Tody Arsyianto (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang)



Article Info

Publish Date
12 May 2024

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan tulang punggung ekonomi Indonesia. Zaman sekarang para pelaku UMKM diharapkan untuk bisa memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya, salah satunya adalah dunia digital marketing. Namun, masih banyak pelaku UMKM yang belum memahami dan memanfaatkan digital marketing secara optimal. Ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti keterbatasan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang teknologi digital, serta kurangnya pemahaman tentang manfaat dan potensi yang bisa didapatkan dari digital marketing. Artikel ini mengkaji mengenai pemanfaatan penyuluhan sebagai alat pemberdayaan masyarakat, memberikan rekomendasi dan strategi bagi UMKM, serta menjadi referensi bagi pihak yang berkepentingan dalam pengembangan UMKM dan pemanfaatan digital marketing. Metode survei adalah pendekatan penelitian yang melibatkan pengumpulan data dari sampel populasi yang dipilih secara representatif. Tujuannya adalah untuk memperoleh informasi dan karakteristik umum tentang populasi tersebut. Data dikumpulkan dan dianalisis dari data responden yang mewakili populasi yang lebih besar. Hasil artikel menunjukkan bahwa pengetahuan para pelaku UMKM tentang digital marketing meningkat setelah adanya kegiatan penyuluhan. Penerapan digital marketing memberikan dampak positif terhadap penjualan produk UMKM dan menghasilkan lonjakan penjualan yang signifikan. Selain itu, pengenalan digital marketing terhadap produk UMKM juga meningkatkan omzet UMKM. Hal ini berdampak positif pada brand awareness dan kepercayaan konsumen, yang pada akhirnya akan memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Maka, penyuluhan digital marketing efektif dalam memberdayakan UMKM dan meningkatkan kinerja usaha mereka. Ini menjadi referensi penting bagi pihak-pihak yang berkepentingan dalam pengembangan UMKM dan pemanfaatan digital marketing. UMKM tulang punggung ekonomi, perlu manfaatkan teknologi. Artikel mengkaji penyuluhan memberdayakan UMKM, memberikan rekomendasi. Survei menunjukkan peningkatan UMKM digital marketing.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Environmental Science Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics

Description

Jurnal Abdi Insani adalah jurnal ilmiah yang berisi hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Jurnal ini diharapkan berfungsi sebagai alat komunikasi ilmiah sehingga dapat menginspirasi pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang lebih ...