Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia
Jurnal Ilmiah Indonesia

Peran Dosen Sebagai Tutor Dalam Pelaksanaan Problem-Based Learning di Fakultas Kedokteran

Jeffry S.J Lengkong (Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, Universitas Negeri Manado)
Grace L.A Turalaki (Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, Universitas Negeri Manado)
Mordekhai L. Laihad (Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, Universitas Negeri Manado)
Olivia A. Waworuntu (Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, Universitas Negeri Manado)
Pingkan M. Pijoh (Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
02 May 2024

Abstract

Problem Based Learning adalah salah satu model pembelajaran di mana dalam prosesnya memberikan pelatihan dan pengembangan terhadap masalah otentik dari kehidupan aktual mahasiswa guna merangsang kemampuan tingkat tinggi. Tujuan penelitian ini yaitu guna mengetahui peran dosen sebagai tutor dalam pelaksanaan problem based-learning. Metode penelitian yang dillakukan dalam penelitian ini bersifat deskriptif dengan rancangan penelitian cross sectional. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari hasil kuisioner. Data yang telah diperoleh kemudian di proses dan diubah ke dalam bentuk tabel, yang selanjutnya akan diolah menggunakan program statistik atau aplikasi SPSS 16. Hasilnya menunjukkan bahwa peran dosen sebagai tutor dalam pelaksanaan problem based-learning di Fakultas Kedokteran ada pada kategori baik, yang artinya perannya sangat penting dalam pelaksanaan PBL.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

syntax-literate

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia is a peer-reviewed scientific journal that publishes original research and critical studies in various fields of science, including education, social sciences, humanities, economics, and engineering. The journal aims to provide a platform for researchers, ...