Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Vol 10, No 2 (2022): Juli - Desember 2022

KOHESI SEBAGAI PENANADA WACANA DALAM DESKRIPSI VIDEO ESSI 449: KASIDI MENJADI KEPALA NEGARA KARYA TRI BUDHI SASTRIO

Wahyuni, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2022

Abstract

AbstrakPuncak penelitian ini, mendedah kohesi sebagai penanda wacana dalam deskripsi video Essi 449: Kasidi Menjadi Kepala Negara Karya Tri Budhi Sastrio. Tulisan dalam deskripsi video tersebut merupakan salah satu bentuk wacana. Salah satu hal yang menjadi penandanya adalah kohesi. Sebagai unsur yang menjadi penentu keutuhan sebuah wacana, kohesi mengkaji tentang pertalian kalimat-kalimat yang disusun secara padu dan utuh sehingga menghasilkan wacana yang utuh. Dalam analisis-kajiannya peneliti menggunakan konsep Sumarlam sebagai acuan klasifikasi penanda kohesi leksikal dan gramatikal dalam wacana. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan deskripsi video Essi 449: Kasidi Menjadi Kepala Negara Karya Tri Budhi Sastrio sebagai objek kajian. Metode pengumpulan data menggunakan studi pustaka dengan teknik deskriptif analitis sebagai teknik analisis data. Hasil temuan penelitian menunjukkan kohesi sebagai penanda wacana terbagi menjadi kohesi leksikal dan kohesi gramatikal. Kohesi leksikal ditandai oleh: (i) repetisi, (ii) sinonimi, (iii) antonimi, (iv) hiponimi, (v) kolokasi, dan (vi) ekuivalensi. Sedangkan, kohesi gramatikal ditandai oleh: (i) referensi, (ii) substitusi, (iii) penghilangan, dan (iv) konjungsi. Variasi penggunaan kohesi leksikal dan kohesi gramatikal dalam Essi 449: Kasidi Menjadi Kepala Negara Karya Tri Budhi Sastrio adalah salah satu wujud penerapan jenis-jenis penanda kohesi dalam wacana.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpbsi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is a journal published by Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sultan Agung. The journal provides a room for researchers, academists, professionals, practicians, and students to deliver and ...