cover
Contact Name
Evi Chamalah
Contact Email
chamalah@unissula.ac.id
Phone
+6282225564243
Journal Mail Official
pbsi.fkip@unissula.ac.id
Editorial Address
Jl. Kaligawe Raya Km 4 Semarang
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
ISSN : 23385944     EISSN : 26145294     DOI : https://doi.org/10.30659/jpbi
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is a journal published by Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sultan Agung. The journal provides a room for researchers, academists, professionals, practicians, and students to deliver and share various knowledge in forms of research articles, as well as research results or qualified theoretical studies such as case studies, analysis or book review about linguistics, literature and teaching.
Articles 139 Documents
ASPEK PATRIOTISME DAN RELIGIUS NOVEL SEBELAS PATRIOT KARYA ANDREA HIRATA Marwanto Marwanto
Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 8, No 1 (2020): Januari - Juni 2020
Publisher : PBSI, FKIP UNISSULA, Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/j.8.1.36-48

Abstract

Andrea Hirata seorang novelis Indonesia paling fenomenal, menghadirkan Sebelas Patriot sebagai novel ketujuhnya dalam bahasa Indonesia.  Ikal berusaha dan bertekad untuk menjadi tim nasional junior PSSI, agar bisa membahagiakan ayahnya, tetapi cita-citanya itu tidak berhasil ia lakukan. Ia sedih dan putus asa, beruntunglah ayahnya memberikan semangat dan agar tetap berjiwa besar. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan Aspek Patriotisme dan Religius Novel Sebelas Patriot Karya Andrea Hirata. Penelitian ini menggunakan kajian sosiologi sastra dan Implementasinya sebagai bahan ajar di Perguruan Tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dan strategi penelitian yang digunakan berupa penelitian terpancang dan studi kasus tunggal atau embedded and case study. Dalam penelitian ini Ikal digambarkan sebagai seorang anak yang patriot atau pantang menyerah dalam menggapai mimpi-mimpinya dan juga religius dalam kesehariannya. Hasil penelitian ini dijabarkan menggunakan dua aspek yaitu aspek patriotisme dan aspek religius. Aspek patriotisme dijelaskan menggunakan penjabaran dari patriotisme yang meliputi sikap berani, pantang menyerah, dan rela berkorban. Sementara aspek religius diuraikan dengan aqidah, syariah, dan akhlak. Novel Sebelas Patriot mengajarkan materi tentang sastra, gaya bahasa, dan diksi dalam implementasi pembelajarannya.
REGISTER NELAYAN DI DESA MUNJUNGAGUNG, KRAMAT, TEGAL Leli Triana; Khusnul Khotimah
Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 9, No 1 (2021): Januari - Juni 2021
Publisher : PBSI, FKIP UNISSULA, Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/jpbi.9.1.33-39

Abstract

Penelitian ini mengkaji register nelayan di Desa Munjungagung, Kramat, Tegal. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk register nelayan di Desa Munjungagung, Kramat, Tegal dan mendeskripsikan faktor-faktor penyebab munculnya register nelayan di desa tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Metode penyediaan data dalam penelitian ini adalah metode simak dengan teknik sadap sebagai teknik dasar dan teknik simak libat cakap serta teknik catat sebagai teknik lanjutannya. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah metode padan translasional dan metode padan pragmatis. Penyajian hasil analisis data dengan menggunakan metode informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) register nelayan Desa Munjungagung berbentuk kosakata khas yang termasuk dalam kelas kata  nomina, adjektiva, dan verba, 2) faktor penyebab digunakannya register nelayan adalah faktor sosial dan situasional. Faktor sosial berupa jenis pekerjaan yang sama yaitu nelayan, sedangkan faktor situasionalnya meliputi: penutur dan mitra tutur, sama-sama berprofesi sebagai nelayan, tempat terjadinya pembicaraan di sekitar pantai, waktu pembicaraan pada saat mereka tidak melaut, dan pokok pembicaraannya berkisar tentang dunia nelayan.
ANALISIS KUMPULAN PUISI KARYA SITOR SIMURANG (PENDEKATAN HERMENEUTIK) KETIN AYU HENI TAHIRA; HAERUSSALEH HAERUSSALEH; NURIL HUDA
Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 10, No 1 (2022): Januari - Juni 2022
Publisher : PBSI, FKIP UNISSULA, Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/jpbi.10.1.37-44

Abstract

Puisi adalah karya sastra yang terikat oleh rima dan baris .Sebenarnya pula karya sastra puisi diciptakan guna memberikan gambaran angan yang telah dipikirkan oleh seorang penulis. Puisi adalah karya sastra yang paling fasih dalam mengucap sepi, paling kilau menerjemahkan perih , paling sempurna dalam menggemakan cinta dan punya banyak lapis makna yang misterius. Melalui puisi, seseorang dapat menghasilkan imaji yang segar dan hidup yang berada pada derajat keindahan yang tinggi. Dalam penelitian ini akan membahas mengenai analisis kumpulan puisi karya Sitor Simurang . Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dengan menganalisis isi puisi tersebut menggunakan pendekatan hermeneutik.
ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM TUTURAN SINIAR MUSYAWARAH DI KANAL YOUTUBE NAJWA SHIHAB TAHUN 2022 Diyah Ayu Fatmawati; Evi Chamalah; Aida Azizah; Leli Nisfi Setiana
Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 11, No 1 (2023): Januari - Juni 2023
Publisher : PBSI, FKIP UNISSULA, Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/jpbi.11.1.21-36

Abstract

Dalam pembahasan yang berkaitan tentang dunia politik biasanya bersifat formal. Baik dari tema yang diusung atau tuturan segi kebahasaannya. Namun pada siniar “Musyawarah” yang dikemas dengan bahasa yang lugas terdapat juga peralihan bahasa dan diselipkan candaan yang bisa dikatakan ekstrim bagi politik Indonesia seperti sindiran pedas ke berbagai pihak khususnya pejabat dan pemerintah Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk alih kode dan campur kode dalam tuturan siniar “Musyawarah” di kanal YouTube Najwa Shihab tahun 2022. Metode dalam penelitian ini adalah deksriptif kualitatif dengan menggunakan teknik simak dan catat. Hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh peneliti berjumlah 56 data tuturan. Tuturan yang mengandung bentuk alih kode berjumlah 10 data, 1 diantaranya merupakan alih kode intern dan 9 data berupa alih kode ekstern. Bentuk campur kode berjumlah 46 data. Campur kode paling banyak ditemukan dalam tataran katasebanyak 30 data, pada tataran frasa berjumlah 12 data, dan 4 data pada tataran klausa. Bentuk campur kode lebih banyak ditemukan karena dilatarbelakangi oleh beberapa faktor, antaranya faktor penggunaan bahasa yang lebih populer, faktor pembicara dan pribadi pembicara, serta faktor fungsi dan tujuan.
RAGAM BAHASA PADA TUTURAN PEDAGANG IKAN KABUPATEN DEMAK DITINJAU DARI KAJIAN FONOLOGI Rifqiana Azizah; Turahmat Turahmat; Oktarina Puspita Wardani
Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 5, No 1 (2017): Januari - Juni 2017
Publisher : PBSI, FKIP UNISSULA, Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/j.5.1.44-56

Abstract

Indonesian people have so many tribes that various language are used. It happens for many cultures growing around citizens. Various language used by fishmongers also have unique varieties that could be distinguished from other sellers. It could be seen when they sell their goods. Language variety viewed from phonology aspect could interpret phoneme addition, reduction or change. Fishmongers’ speech in Demak market have their own unique characteristics. These varieties were the attractions of this research. Purpose of this research was to describe fishmongers’ speech in Demak Regency based on phonologic study. The used method was qualitative description method which do not need numbers. Data needed by this research were in forms of words, phrases, sentences and speeches of fishmongers in Demak Regency. Result of the study described language variety as viewed from phonologic study. There were phoneme change (to make buyers clearly heard what fish was being offered), phoneme reduction (to make sellers quickly delivered speech to offer their fish to buyers), and phoneme addition (to ease fishmongers to deliver speech) so that fishmongers’ aim to sell their fish could be accepted by the buyers.
KEEFEKTIFAN MODEL BERPIKIR INDUKTIF DAN MODEL SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN MENULIS FABEL Lina Handayani; Evi Chamalah; Leli Nisfi Setiana
Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 6, No 1 (2018): Januari-Juni 2018
Publisher : PBSI, FKIP UNISSULA, Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/j.6.1.32-41

Abstract

PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING MENULIS PUISI MAHASISWA MANAGEMEN UNISSULA Leli Nisfi Setiana; Aida Azizah
Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 7, No 1 (2019): Januari - Juni 2019
Publisher : PBSI, FKIP UNISSULA, Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/j.7.1.38-48

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah megetahui hasil menulis puisi pada mahasiswa prodimanajemen berbasis model Project Based Learning. Pemilihan model Project Based Learning (PBL) memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk membangun pengetahuannya sendiri, kepada mahasiswa dalam menghasilkan produk berupa karya tulis. Metode penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa model analisis mengalir, meliputi tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini mengevaluasi produk hasil karya puisi mahasiswa berbasis model Project Based Learning (PBL). Penilaian puisi hasil penulisan dari mahasiswa mengandung 4 elemen yaitu (1) kebaharuan tema dan makna, (2) kekuatan imajinasi, (3) ketepatan diksi, dan (4) pendayaan pemajasan dan citraan. Selanjutnya hasil penilaiantersebut diaplikasikan dalam bentuk materi pembelajaran bab kesantunan dalamberbahasa Indonesia yang baik dan benar.Kata Kunci: project based learning, menulis puisiAbstractThe purpose of this study is to find out the results of writing poetry in Management Study Program students based on Project Based Learning models. The selection of Project Based Learning (PBL) models gives students the opportunity to build their own knowledge, to students in producing products in the form of writing. This research method uses data analysis techniques in the form of a flow analysis model, which includes three components, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study evaluate the products of student poetry based on Project Based Learning (PBL) models. Poetry assessment written by students contains 4 elements, namely (1) the renewal of themes and meanings, (2) the power of imagination, (3) accuracy of diction, (4) enhancement of images and images. Furthermore, the assessmentresults are applied in the form of learning material politeness chapters in Indonesian that is good and right.Keywords: project based learning, writing poetry
STORYTELLING PADA PESERTA DIDIK TK SENYIUR INDAH SEMARANG BERMUATAN NILAI KARAKTER TURAHMAT TURAHMAT; OKTARINA PUSPITA WARDANI; RINA WIJAYANTI
Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 7, No 2 (2019): Juli - Desember 2019
Publisher : PBSI, FKIP UNISSULA, Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/j.7.2.176-186

Abstract

AbstrakMengatasi degradasi moral yang terjadi saat ini perlu adanya pembentukan pendidikan karakter pada usia dini. Penerapan pendidikan karakter bisa melalui bercerita, bernyanyi, dan lainnya. Guru mengajarkan pendidikan karakter, guru harus mengenalkan pengetahuan moral, perasaan dan perilaku melalui sikap. TK Senyiur Indah menggunakan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran karena merupakan inovasi baru terhadap dunia pendidikan. Penerapan metode storytelling di sekolah mampu membuat siswa semakin cerdas. Metode inimenjadikan cerita sebagai media dalam pembelajaran bahasa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindaklan Kelas (PTK)Hasil penelitian menunjukkan storytelling mampu mengembangkan pengetahuan siswamengenai kesehatan dan obat. Pengenalan kesehatan diimpelmentasikan pada tema profesi. Usia yang potensial dalam pembentukan karakter ialah usia emas. Masa tumbuh kembang usia anak untuk membentuk karakter sekitar usia 0-5 tahun. Penngkatan sebanyak 40%. Nilai tersebiut diperoleh dari nilai rata-rata Siklus 1 sebesar 59% dan nilai rata-rata Siklus 2t 99%. Sehingga ada peningkatan nilai secara signifikan. Terdapat peningkatan pada siklus 2, siswa mampu mendapatkan nilai diatas 80 sebanyak 99%. Berdasarkan hasilpenelitian menggunakan storytelling dengan tema profesi, dapat disimpulkan bahwa metode tersebut dapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai obat dan profesi apoteker. Dari hasil penelitian dapat dikatakan bahwa metode storytelling mampu mengembangkan pengetahuan siswa mengenai kesehatan dan obat. Pengenalan kesehatan diimpelmentasikan pada tema profesi. Kriteria keberhasilan pada siklus 2 ditentukan oleh peneliti. Pengetahuan anak mengenai profesi apoteker di tingkatkan melalui metode storytelling bermuatan pendidikan karakter.Kata kunci: storytelling, nilai karakter dan tema kesehatanAbstractOvercoming moral degradation that occurs today needs the formation of character education at an early age. The application of character education can be through storytelling, singing, and others. The teacher teaches character education, the teacher must introduce moral knowledge, feelings and behavior through attitudes. TK Senyiur Indah uses Curriculum 2013 in learning because it is a new innovation to the world of education. The application of storytelling methods in schools can make students more intelligent. This method makes thestory as a medium in language learning. This study uses the Classroom Action Research (CAR) method. The results showed storytelling is able to develop students' knowledge about health and medicine. The introduction of health is implemented on the theme of the profession. The potential age for characterformation is golden age. The growth and development of the child's age to form a character around the age of 0-5 years. Increase by 40%. The value is obtained from the average value of Cycle 1 of 59% and the average value of Cycle 2t 99%. So there is a significant increase in value. There was an increase in cycle 2, students were able to get scores above 80 by 99%. Based on the results of research using storytelling with professional themes, it can be concluded that the method can increase students' understanding of medicine and the pharmacist profession. From the results of the study it can be said that the storytelling method is able to develop students' knowledge about health and medicine. The introduction of health is implemented on the theme of the profession. Success criteria in cycle 2 are determined by researchers. Children's knowledge about the pharmacist profession is enhanced through storytelling methods with character education.Keywords: storytelling, character values and health theme
PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS KARAKTER UNTUK PEMBELAJARAN MEMBACA SISWA SD KELAS IV Rina Purwani
Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 8, No 2 (2020): Juli - Desember 2020
Publisher : PBSI, FKIP UNISSULA, Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/j.8.2.180-194

Abstract

Kolaborasi Flipped Classroom dengan Media Plotagon dalam Pembelajaran Menulis Teks Persuasi Sa'diyah, Aminatus; Hasanudin, Cahyo; Rosyida, Fathia; Fitrianingsih, Ayu; Amin, Ahmad Kholiqul
Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 9, No 2 (2021): Juli - Desember 2021
Publisher : PBSI, FKIP UNISSULA, Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/jpbi.9.2.63-72

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis teks persuasi yang ditulis oleh siswa SMP IT Syakur Al-marzuqi Ngasem dengan menggunakan flipped classroom dan media plotagon. penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan studi kasus dengan jumlah subjek 13 siswa. Dari 13 siswa kemudian peneliti mengambil 4 siswa untuk diwawancarai dengan alasan teks persuasi sesuai dengan indikator. Teknik pengumplan data menggunakan observasi, metode tes, wawancara, dan dokumentasi. Data divaliditaskan dengan menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data dimulai dari 1). reduksi data, 2). penyajian data, 3). penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks persuasi yang ditulis oleh siswa SMP IT Syakur Al-marzuqi Ngasem sesuai dengan pedoman buku siswa bahasa Indonesia SMP/Mts Kelas VIII revisi 2017 dengan baik. Simpulan pada penelitian ini adalah flipped classroom dan media plotagon sangat tepat digunakan karena dapat membuat siswa lebih aktif dan kreatif dalam pembelajaran, dan memberi pemahaman siswa jika situs online bisa digunakan sebagai pembelajaran yang menarik. Kata Kunci: Flipped classroom, plotagon, teks persuasi

Page 1 of 14 | Total Record : 139