Jurnal Harmoni Nusa Bangsa
Vol 1, No 1 (2023): HARMONI NUSA BANGSA

Sikap Keaktifan Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila

Lusie Putri, Mas Fierna Janvierna (Universitas Pamulang)
Sasmita, Saepudin Karta (Universitas Pamulang)
Ilham, Muhammad (Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2023

Abstract

Pendidikan Pancasila berperan penting dalam membentuk sikap peserta didik. Dalam prosesnya yang paling dasar, Pendidikan Pancasila juga mengajarkan bagaimana setiap individu menjalani hidup mereka, dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa sikap keaktifan belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas X BC2 di SMKN 6, Kota Tangerang Selatan adalah cukup baik di lihat dari hasil yaitu: Peserta didik berperan aktif dalam belajar di kelas. Peserta didik memiliki caranya tersendiri untuk memahami materi agar dapat turut aktif dalam bertanya, menjawab dan menyampaikan pendapat dengan memperhatikan guru. namun ada beberapa peserta didik yang masih belum berperan aktif dalam pembelajaran, hal ini karena ada beberapa factor penyebabnya yaitu peserta didik masih memiliki sikap, takut bertanya, malu dalam menjawab karena memiliki kekhawatiran tidak sesuai dengan materi yang sedang diberikan.Kata Kunci: Sikap, Keaktifan, Peserta didik, Pendidikan Pancasila

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JHNB

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Ruang lingkup JHNB adalah semua kajian terkait dengan mata kuliah wajib perguruan tinggi, mata kuliah penciri perguruan tinggi, dan mata kuliah lain yang ...