Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
Vol 2 No 3 (2022): Volume 2, Nomor 3, Agustus 2022

Visualizer-Verbalizer pada Profil Berpikir Statis Siswa SMP

Swastika, Galuh Tyasing (Unknown)
Narendra, Risang (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2022

Abstract

Gaya kognitif dapat mempengaruhi perbedaan pikir siswa, maka dengan mengetahui profil berpikir siswa, diharapkan guru dapat membantu kesulitan siswa, dalam hal ini berpikir statistis siswa berdasarkan gaya kognitif visualizer-verbalizer. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil berpikir statistis siswa SMP ditinjau berdasarkan gaya kognitif visualizer-verbalizer pada kelas IX SMPN 11 Jember. Penelitian deskriptif kualitatif ini disajikan berupa aktivitas siswa dalam mendeskripsikan data, organisasi dan reduksi data, memplot data, serta analisis dan interpretasi data. Alat penelitian yang diterapkan berupa tes kemampuan matematika, tes soal statistik, tes gaya kognitif, dan panduan wawancara. Triangulasi waktu juga dilakukan untuk menguji reliabilitas data.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian tentang kependidikan dasaran dengan berbagai topik kajian (sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan, belajar dan pembelajaran, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, model, ...