Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Tentukan proses pembelajaran yang ditetapkan oleh Pengajaran Matematika Bilingual Masalah Instruksi (PBI) yang didasarkan pada soft skill dengan subjek kubus dan pengembangan kubus. 2) Mengetahui hasil dari pembelajaran yang ditetapkan oleh matematika bilingual, Instruksi Berbasis Masalah (PBI) yang didasarkan pada soft skill dengan subjek kubus dan pengembangan Cuboids. Subjek penelitian ini adalah Kelas VIII B SMPN 1 Bondowoso. Kelas terdiri dari 22 siswa. Penelitian ini memiliki produk seperti Sillabus, Rencana Pelajaran, Buku Mahasiswa, Lembar Kerja, dan Tes Evaluasi. Produk ini telah diimplementasikan dalam karakteristik Instruksi Berbasis Masalah (PBI) dan Soft Skill. Salah satu karakteristik PBI dapat dilihat dalam buku siswa. Buku siswa terdiri dari masalah yang mengharuskan siswa untuk meningkatkan pengetahuan mereka tentang materi. Selain itu, siswa diharuskan menerapkan aspek soft skill. Aspek Soft juga digunakan sebagai salah satu dari penilaian selain penilaian kognitif. Data dikumpulkan melalui pengamatan, tes, dan kuesioner. Model pengembangan set pembelajaran ini mengacu pada model Thiagarajan 4D. Kesimpulan dari penelitian ini valid berdasarkan hasil validasi oleh validator. Perangkat ini juga pelajaran praktis berdasarkan persentase kegiatan guru 90% pada pertemuan pertama dan 93% pada pertemuan kedua. Perangkat pembelajaran efektif, berdasarkan persentase aktivitas siswa, tes prestasi dan respons kuesioner. Analisis kuesioner diisi oleh 22 siswa menemukan bahwa lebih dari 80% siswa merespons secara positif semua aspek yang ditanyakan dalam kuesioner. Berdasarkan kriteria untuk kualitas pembelajaran yang telah dipenuhi, hasil perangkat PBI berbasis pada Soft Skills Cube dan kelas 8 Cuboid adalah tepat dan dapat digunakan oleh guru sekolah menengah pertama untuk menerapkan kegiatan pembelajaran matematika.
Copyrights © 2023