UTAMA: Jurnal Pariwisata Prima
Vol. 2 No. 1 (2024): MARET

PEMBELAJARAN HOSPITALITY MELALUI PROGRAM GAMIFIKASI PADA CALON HOTELIER (MAHASISWA PERHOTELAN UDINUS)

Joseph Aldo Irawan (Unknown)
Emik Rahayu (Unknown)
Izza Ulumuddin Ahmad Asshofi (Unknown)
Haryadi Darmawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2024

Abstract

Media pembelajaran modern menjadi tuntutan pada era 4.0. Salah satu media pembelajaran kontemporer adalah quizizz web tool. Melalui quizizz, tenaga pengajar dapat melakukan kegiatan belajar yang jauh lebih seru. Istilah penggunaan game dalam pembelajaran disebut gamifikasi. Sebanyak 34 mahasiswa perhotelan UDINUS menggelar uji coba penggunaan media pembelajaran ini. Dengan metode deskriptif kuantitatif dan pendampingan dokumentasi, data terkait tingkat keberhasilan pembelajaran gamifikasi menggunakan quizizz akan dikumpulkan dan diolah. Dalam proses pembelajaran, masalah dapat terjadi dari suatu system error atau human error, dosen dapat mencegah kedua faktor tersebut di masa depan. Namun, hasil hanya 65% dari hasil belajar mendasari perlunya evaluasi berkala untuk penggunaan alat web quizizz di masa mendatang. Selain itu, faktor pendukung lainnya harus disiapkan untuk menerapkan metode pembelajaran melalui quizizz dengan sempurna.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

utama

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

UTAMA : Jurnal Pariwisata Prima merupakan sebuah publikasi ilmiah yang berfokus pada berbagai aspek dalam bidang pariwisata. Jurnal ini bertujuan untuk menjadi platform untuk pertukaran ide, penelitian, serta wawasan terkini dalam ilmu pariwisata. Ruang lingkupnya mencakup berbagai topik yang ...