Peningkatan kualitas hidup masyarakat melalui pendidikan merupakan salah satu pilar penting dalam pembangunan berkelanjutan. Meskipun telah banyak upaya yang dilakukan, masih terdapat kesenjangan antara teori pendidikan yang diajarkan dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam konteks pemberdayaan masyarakat. Fenomena ini mengindikasikan adanya kebutuhan akan pendekatan yang lebih integratif dan aplikatif dalam program pengabdian kepada masyarakat. Studi ini bertujuan untuk menggali sinergi antara pendidikan dan pemberdayaan masyarakat melalui program dialog interaktif dan pembelajaran berkelanjutan. Metode yang digunakan adalah penggabungan antara diskusi kelompok, pelatihan, dan aktivitas pembelajaran berkelanjutan, yang diimplementasikan dalam serangkaian workshop dan sesi dialog interaktif dengan partisipasi aktif dari peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Riyadhul Huda Cikalong Wetan. Hasil menunjukkan bahwa integrasi antara konsep teoretis dan aplikasi praktis melalui dialog interaktif dan pembelajaran berkelanjutan dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan masyarakat dalam mengidentifikasi serta menyelesaikan masalah-masalah lokal secara mandiri. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa sinergi pendidikan dan pemberdayaan melalui metode interaktif dan berkelanjutan dapat menjadi model efektif dalam meningkatkan partisipasi dan kapasitas masyarakat.
Copyrights © 2024