Jurnal ini bertujuan untuk mengetahui tujuan, pengembangan materi, peran guru, kesiapan siswa, media, metode, dan evaluasi dalam pembelajaran shalat pada mata pelajaran fiqih pada masa pembelajaran di Mushola Baitus Shibirin. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data Miles dan Hubberman yang terdiri dari Reduksi data, Penyajian data, dan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan pelatihan pembelajaran fiqih ditetapkan berdasarkan Kompetensi Dasar yang esensial dengan menggunakan kurikulum darurat dan berdasarkan karakteristik anak secara umum. Materi shalat dikembangkan dengan cara mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari siswa dan menanamkan nilai agama, kemudian dikembangkan dari berbagai sumber belajar yang berkaitan dengan fiqih. Peran pendampingan dalam pembelajaran fiqih sebagai pengajar, motivator, dan menanamkan kedisiplinan kepada anak Kesiapan anak dalam mengikuti proses pembelajaran, anak aktif dan antusias serta tertib dalam mengikuti pembelajaran praktik ibadah shalat. Metode yang digunakan adalah metode pembelajaran langsung, metode cerita, dan kegiatan tanya jawab. Media yang digunakan adalah buku. Evaluasi pembelajaran shalat meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Copyrights © 2024