Penyelidikan tentang pembelajaran Missouri Mathematics Project yang diintegrasikan dengan pendekatan Problem Solving belum menjadi fokus perhatian dari penelitian sebelumnya dalam mengembangkan kemandirian belajar siswa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pembelajaran Missouri Mathematics Project dengan menggunakan pendekatan Problem Solving pada kemandirian belajar siswa sehingga dapat diketahui tingkat keefektifan model tersebut. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dengan melibatkan seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Marioriawa sebagai populasi. Kami memilih dua kelas dengan teknik cluster random sampling dan didasarkan pada pertimbangan kemampuan siswa diasumsikan homogen. Data dikumpulkan melalui observasi dan angket. Data dianalisis secara deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Missouri Mathematics Project dengan pendekatan Problem Solving efektif terhadap kemandirian belajar. Akan tetapi, untuk kemandirian, pembelajaran Missouri Mathematics Project kurang memberikan dampak tanpa menggunakan pendekatan Problem Solving.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024