Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran
Vol. 4 No. 1 (2024): Januari-April 2024

Pengembangan Media Pembelajaran Sipaurangi 3D Untuk Meningkatkan Self-Efficacy Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Sekolah Dasar

Salsabilla Nurzakinah (Unknown)
Muhajir (Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar)
Jamaluddin Arifin (Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Sipaurangi 3D pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila untuk meningkatkan self-efficacy dan hasil belajar kognitif siswa kelas IV SDI Gunung Sari Baru Kota Makassar. Model pengembangan yang digunakan mengacu pada model ADDIE oleh Branch meliputi Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli media dan ahli materi, angket respon guru dan siswa, lembar observasi keterlaksanaan media pembelajaran, lembar observasi self-efficacy, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu Pertama, kevalidan media pembelajaran sipaurangi 3D berdasarkan ahli materi yaitu 97,22% sedangkan ahli media yaitu 97,21% termasuk kategori sangat valid. Kedua, kepraktisan media pembelajaran sipaurangi 3D berdasarkan angket respon guru dan siswa memperoleh nilai persentase masing-masing 100% kategori sangat praktis. Ketiga, keefektifan media pembelajaran sipaurangi 3D berdasarkan hasil belajar kognitif siswa memperoleh nilai 96,33%, berdasarkan hasil observasi self-efficacy memperoleh nilai 98,83%, serta berdasarkan observasi keterlaksanaan media pembelajaran memperoleh nilai 98,33% secara keseluruhan termasuk kedalam kategori sangat praktis. Maka, dengan adanya penelitian ini dapat menjadi referensi untuk peneliti selanjutnya dalam meningkatkan self-efficacy dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrip

Publisher

Subject

Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran (JRIP) adalah jurnal penelitian dan pengembangan kependidikan yang diterbitkan oleh Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia). Tujuan artikel ini adalah untuk mempublikasikan penelitian atau kajian kritis dibidang kependidikan dengan ...