Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran
Vol. 4 No. 1 (2024): Januari-April 2024

Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD

Leni Puspitasari (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar)
Nasrah Nasrah (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar)
Amri Amal (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model project based learning (PjBL) terhadap hasil belajar pada pembelajaran IPA peserta didik kelas IV UPT SPF SDN Gaddong II. Jenis penelitian yang dipergunakan yakni quasi eksperiment dengan mempergunakan dua kelas sebagai kelas eksperimen serta kelas kontrol dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Sampel pada penelitian ini yakni kelas IV-A sebagai kelas eksperimen (menggunakan model project based learning) dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol (menggunakan model pembelajaran konvensional). Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian soal posttest dalam bentuk soal pilihan ganda. Data hasil tes dianalisis menggunakan pengujian t-test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan hasil belajar IPA peserta didik pada kelas eksperimen setelah menggunakan model project based learning (PjBL) diperoleh nilai rata-rata 84,00 sedangkan pada kelas kontrol 76,19. Sedangkan pengaruh penggunaan model project based learning (PjBL) terhadap hasil belajar pada materi IPA peserta didik kelas IV UPT SPF SDN Gaddong II dari pengolahan hipotesis diperoleh Sig (2. Tailed) yaitu 0,013 artinya H0 ditolak karena Sig (2. Tailed) < α atau (0,013 < 0,05). H1 diterima karena Sig (Tailed) > α atau (0,956 > 0,05) dengan hasil analisis uji T, Sig < ttabel atau (0,956 < 2,022) dengan artian bahwa model project based learning (PjBL) memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa SD materi IPA.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrip

Publisher

Subject

Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran (JRIP) adalah jurnal penelitian dan pengembangan kependidikan yang diterbitkan oleh Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia). Tujuan artikel ini adalah untuk mempublikasikan penelitian atau kajian kritis dibidang kependidikan dengan ...