Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan sampah plastik terhadap penguatan Profil Pancasila siswa di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus dengan menggunakan wawancara, kuesioner dan dokumentasi sebagai alat pengumpul data dengan subjeknya adalah siswa dan guru kelas 1 di SD Negeri 1 Papasan. Penemuan penelitian menunjukkan bahwa menggunakan pendekatan P5 dalam tema "Gaya Hidup Berkelanjutan" di kelas 1 SD Negeri 1 Papasan memiliki dampak signifikan terhadap kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa. Proyek yang melibatkan transformasi sampah plastik menjadi bunga plastik tidak hanya memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan tetapi juga memperkaya pengalaman belajar siswa. Melalui kegiatan ini, siswa tidak hanya dilatih dalam kesadaran sosial mengenai masalah sampah plastik tetapi juga belajar untuk menerapkan solusi berkelanjutan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengikuti langkah-langkah yang diajarkan, siswa dapat menghasilkan produk yang bernilai estetika dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya daur ulang sampah plastik. Selain itu, proyek ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk melibatkan keluarga dan masyarakat dalam mengurangi dampak negatif sampah plastik dengan mengajarkan mereka cara mengolah sampah plastik di rumah. Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan efektivitas pendekatan pembelajaran tematik dan praktik dalam membentuk kesadaran lingkungan dan keterampilan praktis siswa SD.
Copyrights © 2024