Al-Fathanah Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam
Vol 2, No 1, April (2022): AL-FATHANAH: Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam

IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Ema Sulastri (Universitas Muhammadiyah Aceh)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2022

Abstract

Manajemen kelas merupakan keterampilan pendidik untuk menciptakan iklim belajar yang kondusif agar proses pembelajaran sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Untuk meningkatkan mutu pendidikan, diperlukan peningkatan dan penyempurnaan dalam pendidikan yang berkaitan erat dengan peningkatan mutu pembelajaran secara operasional yang berlangsung di dalam kelas. Oleh karena itu, diperlukan manajemen kelas yang baik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Di samping itu, pembelajaran dapat terwujud dengan baik apabila terdapat interaksi yang komunikatif antara guru dengan siswa, sesama siswa maupun dengan sumber belajar lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang implementasi manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran pendidikan agama Islam di MTsN 2 Bathoh Banda Aceh dan manajemen kelas dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI di MTsN 2 Bathoh, serta faktor-faktor yang dapat mempengaruhi efektivitas pembelajaran PAI dalam manajemen kelas di MTsN 2 Bathoh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, yaitu pengumpulan data berupa kata-kata bukan angka dengan tujuan menggambarkan keadaan atau kegiatan yang terjadi di lapangan (field research) dan dipilih secara sistematis menurut kategorinya dengan menggunakan bahasa yang mudah dicerna atau dipahami oleh masyarakat umum. Peneliti menggunakan purposive sample yang dilakukan dengan cara mengambil subjek bukan berdasarkan strata, random atau daerah, tetapi berdasarkan atas tujuan tertentu dengan memilih siswa kelas VIII sebagai sampel. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) implementasi manajemen kelas dalam pembelajaran PAI di MTsN 2 Bathoh; (2) cara belajar siswa yang aktif di dalam maupun di luar kelas dan cara mengajar guru yang baik dengan menggunakan metode yang bervariasi serta berusaha menyediakan fasilitas yang memadai bagi siswa untuk menunjang prestasi dan belajar siswa; dan (3) faktor-faktor yang dapat mempengaruhi efektifitas pembelajaran PAI dalam manajemen kelas di MTsN 2 Bathoh.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

fathanah

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Al-Fathanah : Jurnal studi Islam dan Pendidikan Agama Islam is a journal published by Islamic Education of Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh. Focus on conceptual research on Islamic education studies in general which includes Philosophy of Islamic Education, Islamic teaching ...