Pembelajaran Akidah Akhlak merupakan proses budaya untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia yang berlangsung sepanjang hayat. Pembelajaran Akidah Akhlak selalu berkembang, selalu dihadapkan pada perubahan zaman. Untuk itu, mau tak mau Pembelajaran Akidah Akhlak harus dirancang khusus mengikuti irama perubahan tersebut. Apabila Pembelajaran Akidah Akhlak tidak mengikuti irama perubahan, maka jelas ketinggalan dengan lajunya perkembangan zaman itu sendiri. Guru selalu mengajar akidah akhlak kepada siswa agar siswa dapat berperilaku baik dan dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari hari. Nilai-nilai akidah akhlak memang penting diajarkan kepada siswa agar bisa merubah diri menjadi lebih baik. Apalagi pada zaman modern saat ini banyak sekali hal-hal buruk terjadi, jika seseorang tidak memilki nilai-nilai akidah akhlak maka akan hancurnya generasi muda. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri Aceh Barat Daya yaitu bermacam-macam ada yang mengajar dengan metode ceramah untuk mengajarkan Akidah Akhlak kepada siswa ada juga mengajar dengan metode diskusi kepada siswa dan ada juga mengajar dengan metode pemberian tugas, tetapi secara keseluruhan guru mengajar dengan metode ceramah untuk mengajarkan anak siswa Akidah Akhlak. Hambatan dalam menerapkan strategi pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri Aceh Barat Daya yaitu metode guru dalam belajar yang kurang kreatif, anak yang hiperaktif, tingkat perkembangan anak yang berbeda, serta fasilitas dalam menunjang pembelajaran bagi peserta didik. Sehingga menjadi hambatan guru dalam mengembangkan nilai Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri, metode mengajar yang masih kurang kreatif, membuat sebagian siswa kurang mengerti apa yang disampaikan oleh guru ketika mengajar nilai-nilai dakwah. Karena tingkat perkembangan imajinasi siswa ketika menerima pembelajaran berbeda-beda yang membuat sebagian peserta didik kurang mengerti apa yang disampaikan oleh guru, selain itu waktu yang kurang efektif dalam menanamkan nilai-nilai dakwah kepada peserta didik, dan berdampak kepada materi yang disampaikan oleh guru kepada peserta didik tidak maksimal.
Copyrights © 2021