Nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam Al-Quran merupakan nilai yang sangat penting untuk diamalkan, khususnya nilai pendidikan yang terkandung dalam surat An-Nahl 125-126. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskripsif-analisis dan pustaka (library research). Berbagai data yang diperoleh, baik dari buku perpustakaan, Al-Quran dan sumber lain yang memaparkan tentang kandungan surah An-Nahl Ayat 125-126, kemudian dianalisis untuk dapat menjawab beberapa rumusan masalah yang ingin dicapai dalam penelitian. Bersasarkan pengolahan dan analisis data, maka penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan: (1) nilai pendidikan tauhid. Surah An-Nahl ayat 125 ini dapat kita ketahui bahwa mengandung nilai pendidikan tauhid yaitu perintah untuk mengajak siapapun, anak, istri, keluarga, masyarakat dan semua pihak muslim atau non-muslim menuju jalan tuhanmu dengan pengajaran yang baik dan benar; (2) nilai pendidikan kesabaran. Dalam surah ini menjelaskan bahwa sebaiknya manusia lebih banyak bersabar dalam menghadapi berbagai macam masalah. Potongan ayat ini juga menganjurkan manusia untuk memiliki nilai pendidikan kesabaran. Sabar adalah sebagian dari iman, sikap terpuji (akhlaqul karimah) yang patut dimiliki guna meningkatkan derajat manusia sebagai khalifah Allah di muka bumi; (3) nilai pendidikan toleransi. Surah An-Nahl ayat 125-126 dapat diketahui bahwa terkandung nilai pendidikan toleransi, yaitu dalam perdebatan yang dilakukan dengan cara yang baik tanpa ada keributan; dan (4) nilai pendidikan tanggung jawab, yaitu perintah Allah SWT untuk menuju kepada jalannya dengan hikmah artinya perkataan yang tegas dan benar yang dapat membedakan antara yang hak dengan yang bathil.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022