Al-Fathanah Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam
Vol 1, No 2, Oktober (2021): AL-FATHANAH: Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA INSHAFUDDIN

Jufri Jufri (SMA Inshafuddin Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2021

Abstract

Model pembelajaran ProblemBasedLearning (PBL) adalahmodelpembelajaran yangmenggunakan masalah sebagai konteks awal dalam pembelajaran.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL dan konvensionaldi SMA InshafuddinKotaBandaAceh.Penelitianini mengunakanpendekatan kuantitatifdengan metode eksperimendandesainpenelitianpretest-posttestcontrolgroupdesign.Dalam penelitianiniterdapatkelompokeksperimenkelasXI1 dankelompokkontrolkelasXI2 dengan populasisiswa kelasXI SMAInshafuddinKotaBandaAceh. Pengumpulandata dilakukan denganmenggunakan tesdenganteknikanalisisdata mengunakanujit dan n-gainpada taraf signifikansi5%. Hasilpenelitianini menunjukkanbahwaterdapatperbedaan peningkatanhasilbelajarsiswapadakeduakelas setelah dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL dan konvensional

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

fathanah

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Al-Fathanah : Jurnal studi Islam dan Pendidikan Agama Islam is a journal published by Islamic Education of Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh. Focus on conceptual research on Islamic education studies in general which includes Philosophy of Islamic Education, Islamic teaching ...