JUAN: Jurnal Pengabdian Nusantara
Vol. 1 No. 2 (2024): April 2024

PENYULUHAN KUALITAS PELAYANAN PADA GUIDE DI DESA SADE LOMBOK TENGAH: MENINGKATKAN PENGALAMAN WISATA BERKELANJUTAN

Taufik, Muhammad (Unknown)
Syahid, Agus (Unknown)
Muharis, Muharis (Unknown)
Pribadi, Teguh Iman (Unknown)
Setiawan, Muhamad Alam (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Desa Sade di Lombok Tengah telah menarik perhatian para wisatawan dengan kekayaan budaya dan keindahan alamnya. Namun, untuk memastikan keberlanjutan sebagai destinasi wisata yang menarik, kualitas pelayanan guide lokal menjadi hal yang krusial. Artikel ini membahas tentang hasil penyuluhan mengenai kualitas pelayanan bagi guide di Desa Sade, serta langkah-langkah untuk meningkatkan pengalaman wisata yang berkelanjutan. Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang berasal dari kalangan Dosen Universitas Bumigora melakukan penyuluhan pada Guide di Desa Sade dengan melibatkan 5 Guide lokal sebagai peserta. Kegiatan yang dilakukan pada 3 Maret 2024 ini menyimpulkan bahwa Penyuluhan mengenai kualitas pelayanan bagi guide di Desa Sade, Lombok Tengah, merupakan langkah penting dalam menjaga keberlanjutan destinasi wisata budaya ini. Dengan memberikan pemahaman yang lebih baik kepada guide tentang pentingnya pelayanan pelanggan dan memperkuat keterampilan mereka, kita dapat memastikan bahwa pengalaman wisata di Desa Sade tetap berkesan dan berkelanjutan bagi semua pihak yang terlibat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

juan

Publisher

Subject

Other

Description

JUAN: Jurnal Pengabdian Nusantara adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya ekonomi, bisnis, kewirausahaan, pendidikan, teknik, pertanian, sosial humaniora, komputer, kesehatan dan ...