Jurnal Dieksis ID
Vol. 2 No. 1 (2022): Januari - Juni 2022

Kemampuan Psikomotor Dalam Memainkan Alat Musik Melalui Metode Demonstrasi Siswa

Widyastuti, Ratna (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk membangkitkan dan mengembangkan minat siswa untuk lebih sungguh-sungguh dalam mempelajari kesenian; 2) menemukan alternatif metode pembelajaran kesenian khususnya seni musik dalam menghadapi siswa yang merasa tidak memiliki kemampuan minat dan bakat; dan 3) untuk mengetahui efektifitas pembelajaran seni musik melalui latihan dasar bermain alat musik ritmis dan melodis untuk meningkatkan kemampuan teknik berkarya yang kreatif dan estetik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reaserch) yang dilaksanakan oleh guru untuk memecahkan masalah pembelajaran yang dihadapi guru di dalam kelas khususnya upaya peningkatan kemampuan psikomotor dan minat siswa dalam memainkan alat musik. Subjek yang akan diteliti adalah siswa-siswi kelas VI di SDN Winong 03 sebanyak 17 Siswa yang terdiri dari siswa 10 laki-laki dan 7 siswa perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan pembagian kuesioner. Teknik analisis data kualitatif deskriptif. Dari hasil pelaksanaan dan pengamatan siswa cenderung lebih baik setiap siklus, maka dapat disimpulkan bahwa; ada peningkatan kemampuan psikomotor dalam memainkan alat musik ritmis dan melodis siswa kelas VI SDN Winong 03 Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan metode demonstrasi. Temuan dalam penelitian ini adalah ada peningkatan kemampuan memainkan alat musik ritmis dan melodis dengan metode demonstrasi siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dieksis

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Dieksis ID merupakan Jurnal atau publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Pustaka Digital Indonesia. Jurnal Dieksis ID menyebarluaskan hasil-hasil penelitian yang ditulis berdasarkan hasil kajian dan kajian literatur di bidang Bahasa, Sastra, Budaya, dan Seni pada pendidikan dasar, ...