Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu
Vol. 1 No. 1 (2021): Juni 2021

Peningkatan Hasil Belajar Siswa menggunakan Model Round Table pada Pembelajaran IPA di kelas IV SDN 41 Kota Palopo

Sunardin, Sunardin (Unknown)
Megayanti, Megayanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan yaitu, (1) untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model Round Table pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas IV SDN 41 Kota Palopo, (2) untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa melalui penerapan model Round Table pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas IV SDN 41 Kota Palopo. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas IV SDN 41 Kota Palopo. penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan. Pertemuan dari setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang berlangsung selama dua siklus, dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan penggunaan model round table dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 41 Kota Palopo. yakni pada siklus I dengan nilai rata-rata 76 dengan persentase ketuntasan 75%, dan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata 86 dengan persentase ketuntasan 85%

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pelita

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics Social Sciences

Description

Jurnal PELITA atau Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu  merupakan karya ilmiah yang diterbitkan oleh Pustaka Digital Indonesia. Jurnal Pelita menyebarluaskan hasil-hasil penelitian yang ditulis berdasarkan hasil kajian dan kajian literatur di bidang Pembelajaran IPA Terpadu pada pendidikan dasar, ...