Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran ular tangga pada materi klasifikasi makhluk hidup pada mata pelajaran biologi. Penelitian ini dilakukan pada bulan juli 2021 dikelas VII B pada semester ganjil 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. metode ini dilakukan melalui empat tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi tindakan. Keempat tahap tersebut merupakan siklus yang berlangsung secara berulang-ulang dengan langkah-langkah yang sama. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa pada siklus I dan terdapat 10 siswa dengan persentase 35,71% yang telah mengalami peningkatan hasil belajar (mencapai nilai KKM). Pada siklus II mengalami peningkatan dari 10 siswa menjadi 24 siswa atau dengan persentase 85,71%. Dari hasil tersebut sebagian besar siswa sudah mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah dengan menggunakan media pembelajaran ular tangga. berdasarkan hasil analisis peneliti maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran ular tangga pada materi klasifikasi makhluk hidup dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Copyrights © 2021