Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran quantum learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X di SMAN 10 Luwu Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan bentuk desain nonequivalent control group design. Populasi siswa kelas X MIPA di SMAN 10 Luwu Utara sebanyak 54 siswa dan sampel yang digunakan yaitu siswa kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 dengan jumlah siswa pada masing-masing kelas yaitu 27 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu tes hasil belajar, angket dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Data dianalisis menggunakan uji statistik dan inferensial. Pengujian hipotesis menggunakan Uji t jenis independent sample t-test. Hasil uji deskriptif untuk motivasi belajar siswa didapatkan nilai rata-rata pada kelas eksperimen yaitu 83,63 sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata perolehan yaitu 79,59. Hasil uji deskriptif untuk data hasil belajar menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 75,41 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 68,74. Hasil analisis Uji t terhadap motivasi belajar siswa didapatkan sig.(2-tailed) 0,003<0,05. Demikian pula hasil analisis Uji t terhadap hasil belajar siswa yang menunjukkan sig.(2-tailed) 0,026<0,05. Berdasarkan hasil analisis dilakukan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran quantum learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X pada materi klasifikasi makhluk hidup di SMAN 10 Luwu Utara
Copyrights © 2021