Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu
Vol. 3 No. 1 (2023): Juni 2023

Efektifitas Modul Digital Berbasis STEAM Dilengkapi Animasi Flash untuk Pembelajaran Tematik pada Siswa Sekolah Dasar

Herman Alimuddin (STKIP Andi Matappa)
Asriana Abdullah (Universitas Andi Djemma Palopo)
A. Zam Immawan Alam (STKIP Andi Matappa)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Modul Digital berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) yang dilengkapi animasi flash untuk pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di sebuah SD dengan melibatkan 32 siswa V. Desain penelitian yang digunakan adalah model desain pengembangan R&D dengan one group pretest-posttest design sebagai uji keefektifan. Penelitian ini menggunakan desain pembelajaran, modul Digital yang dilengkapi dengan animasi flash, instrumen uji coba, lembar validasi dan angket sebagai instrumen penelitian. Validasi data dan hasil kuesioner kemudian diubah menjadi data kualitatif menjadi suatu kategori. Data uji efektivitas dianalisis menggunakan N gain. Hasil validasi materi, media dan pengguna menunjukkan modul valid dengan skor akhir 89,85. Respon siswa terhadap modul ditinjau dari keterbacaan, kejelasan penyajian, daya tarik dan kegunaan hasilnya berada pada kategori sangat baik (81,2%). Uji keefektifan menunjukkan hasil post-test lebih besar dibandingkan pre-test dan nilai N gain berada pada kategori tinggi (0,72)

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pelita

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics Social Sciences

Description

Jurnal PELITA atau Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu  merupakan karya ilmiah yang diterbitkan oleh Pustaka Digital Indonesia. Jurnal Pelita menyebarluaskan hasil-hasil penelitian yang ditulis berdasarkan hasil kajian dan kajian literatur di bidang Pembelajaran IPA Terpadu pada pendidikan dasar, ...