Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Modul Digital berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) yang dilengkapi animasi flash untuk pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di sebuah SD dengan melibatkan 32 siswa V. Desain penelitian yang digunakan adalah model desain pengembangan R&D dengan one group pretest-posttest design sebagai uji keefektifan. Penelitian ini menggunakan desain pembelajaran, modul Digital yang dilengkapi dengan animasi flash, instrumen uji coba, lembar validasi dan angket sebagai instrumen penelitian. Validasi data dan hasil kuesioner kemudian diubah menjadi data kualitatif menjadi suatu kategori. Data uji efektivitas dianalisis menggunakan N gain. Hasil validasi materi, media dan pengguna menunjukkan modul valid dengan skor akhir 89,85. Respon siswa terhadap modul ditinjau dari keterbacaan, kejelasan penyajian, daya tarik dan kegunaan hasilnya berada pada kategori sangat baik (81,2%). Uji keefektifan menunjukkan hasil post-test lebih besar dibandingkan pre-test dan nilai N gain berada pada kategori tinggi (0,72)
Copyrights © 2023