Jurnal Literasi Digital
Vol. 1 No. 2 (2021): Juli 2021

Evaluasi Hasil Belajar Elektronika Digital melalui Tes Formatif, Sumatif, dan Remedial

Abdul Zahir (Universitas Cokroaminoto Palopo)
Haspidawati Nur (Universitas Cokroaminoto Palopo)
Jusrianto Jusrianto (Universitas Cokroaminoto Palopo)
Wahyu Hidayat (Universitas Cokroaminoto Palopo)
Daniel Parubang (Universitas Cokroaminoto Palopo)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara deskriptif hasil evaluasi formatif, hasil evaluasi sumatif, hasil remedial Elektronika Digital semester genap tahun akademik 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan proses pengumpulan datanya, maka penelitian ini terkategorikan penelitian ex post facto, dalam artian bahwa penelitian mengambil data dari data yang sudah ada. Hasil penelitian ini memperlihatkan: 1) lebih separuh mahasiswa yang memprogramkan Mata Kuliah Elektronika Digital memiliki hasil evaluasi formatif berada di kelas interval tertinggi (sekor 85-100) atau ada 56% dari 715 mahasiswa, 2) Lebih separuh mahasiswa yang memprogramkan Mata Kuliah elektronika Digital memiliki hasil evaluasi formatif berada di kelas interval tertinggi (sekor 85-100) atau ada 51% dari 715 mahasiswa., dan 3) keikutsertaan mahasiswa yang menganggap nilai kumulatif Mata Kuliah Elektronika yang didapatkan perlu diperbaiki dalam remedial memberikan pengaruh besar terhadap kenaikan rerata nilai kumulatif yang diperoleh setiap kelas. Ada peningkatan kenaikan sekitar 4,03 poin atau ada kenaikan 6,22%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jld

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Jurnal Literasi Digital imerupakan Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pustaka Digital Indonesia. Literasi Digital menerbitkan hasil penelitian dibidang teknologi pendidikan dan pembelajaran. Artikel pada jurnal menyajikan isu terkait Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, Sistem Pembelajaran ...