Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran online masa pandemi Covid-19 dalam peningkatan kemandirian belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yakni studi pustaka atau penelitian kepustakaan (library research) melalui pendekatan partisipatoris (partisipatory approach). Mata kuliah yang menjadi subjek penelitian yaitu Media Pembelajaran Fisika. Instrumen yang digunakan adalah Pustaka. Pengumpulan data dan informasi dari berbagai sumber buku referensi, jurnal ilmiah, dokumen dan sumber-sumber lainnya, Tenik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif. Hasil dan pembahasan penelitian ini yaitu ketika teknologi berupa gawai dan koneksi jaringan internet lancar, kemudian didukung dengan karakteristik pengajar yang menguasai sistem pembelajaran online, serta karakteristik mahasiswa selaku peserta kuliah secara mandiri dapat menggali informasi dan pengetahuan dari berbagai sumber belajar, maka hal ini memungkinkan tercapainya pembelajaran online yang efektif dan efisien. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran online di masa pandemi Covid-19 terbukti efektif dan mampu menjadi solusi yang tepat dalam melaksanakan perkuliahan disaat tatap muka harus ditiadakan, walaupun tidak membuktikan adanya peningkatan kemandirian belajar pada mahasiswa secara signifikan. Temuan dari penelitian ini adalah pada mata kuliah fisika melalui pembelajaran online menggunakan aplikasi WhatsApp, banyak peserta kuliah yang tidak dapat menunjukkan kemandirian belajar.
Copyrights © 2022