Jurnal Literasi Digital
Vol. 3 No. 2 (2023): Juli 2023

Pengembangan Media Audio Visual dengan Contextual Teaching-Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis

Syahrul Gunawan Ramdhani (Universitas Teknologi Yogyakarta)
Bayu Febriyanto (Universitas Teknologi Yogyakarta)
Annisa Rachman (Universitas Teknologi Yogyakarta)
Mezia Gendhis Dhiah Ayu Pasa (Universitas Teknologi Yogyakarta)
Vivi Anggraini (Universitas Teknologi Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran audio visual berbasis Contextual Teaching-Learning (CTL) Approach yang valid guna meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis secara signifikan serta mengidentifikasi tingkat keefektifan Contextual Teaching-Learning (CTL) Media pembelajaran audio visual berbasis pendekatan dalam meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Oleh karena itu, secara otomatis sifat penelitiannya adalah penelitian dan pengembangan. Selama pelaksanaan penelitian, data dikumpulkan dengan menggunakan teknik random sampling. Kemudian instrumen pengumpulan data yang dilaksanakan adalah angket penilaian media, observasi, angket motivasi dan tes kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran audio visual berbasis Contextual Teaching-Learning (CTL) Approach yang telah dikembangkan dengan menggunakan model Borg & Gall dianggap valid. Motivasi belajar siswa meningkat yang dibuktikan dengan siswa lebih antusias, tertarik dan senang mengikuti proses pembelajaran. Selanjutnya hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa pada kelompok eksperimen menunjukkan bahwa 25 siswa telah memenuhi passing grade sedangkan sisanya 6 siswa belum memenuhi passing grade. Sementara itu, hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa kelompok kontrol menunjukkan bahwa 20 siswa sudah memenuhi passing grade sedangkan sisanya 12 siswa belum memenuhi passing grade. Dengan kata lain, temuan ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran melalui penggunaan media pembelajaran audio visual berbasis Contextual Teaching-Learning (CTL) Approach mampu meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jld

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Jurnal Literasi Digital imerupakan Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pustaka Digital Indonesia. Literasi Digital menerbitkan hasil penelitian dibidang teknologi pendidikan dan pembelajaran. Artikel pada jurnal menyajikan isu terkait Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, Sistem Pembelajaran ...