J-INSTECH: Journal of Instructional Technology
Vol 4, No 1 (2023)

EVALUASI MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMPN 2 BANJARMASIN

Jessy Aurellia (Universitas Lambung Mangkurat)
Mastur Mastur (Universitas Lambung Mangkurat)
Rafiudin Rafiudin (Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2023

Abstract

Media pembelajaran merupakan sarana interaksi yang dapat berupa guru, buku ajar, atau lingkungan yang digunakan untuk menyampaikan pesan pembelajaran dari pendidik ke peserta didik sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran. Media pembelajaran terdiri atas media cetak, media pameran, media audio, media visual, multimedia, komputer dan jaringan. Tujuan penelitian ini yaitu; (1) mengetahui kelayakan isi dan materi video pembelajaran matematika bangun ruang sisi datar yang dikembangkan oleh UPT BTIKP Kalimantan Selatan, dan (2) mengetahui efektifitas penggunaan video pembelajaran matematika bangun ruang sisi datar. Jenis evaluasi yang digunakan yaitu model Evaluasi Sumatif dengan teknik analisis data yang digunakan yakni Analisis Statistik Deskriptif. Adapun hasil penelitian ini memperoleh nilai sebesar 95,4% dari ahli media, 92,85% dari ahli materi, 85,78% dari uji lapangan respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kelayakan media dan tingkat efektifitas penggunaan sebesar 85,78% atau tergolong “sangat baik”.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

j-instech

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

J-INSTECH: Journal of Instructional Technology is a scientific journal that contains and disseminates the results of research, scientific studies and educational technology development that contributes to the understanding, development of theories and concepts of science, and Its application to ...