J-INSTECH: Journal of Instructional Technology
Vol 5, No 2 (2024)

PEMANFAATAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SDN 2 PEMANGKIH KELAS IV PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL

Muhammad Assazili (Lambung Mangkurat University)
Susanti Sufyadi (Universitas Lambung Mangkurat)
Agus Hadi Utama (Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan strategi pemanfaatan video pembelajaran pada mata pelajaran IPAS kelas IV topik Fotosintesis di SDN 2 Pemangkih dan untuk mengidentifikasi dampak pemanfaatan video pembelajaran tersebut terhadap hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan dengan metode riset dan pengembangan menggunakan model assure. Hasil validasi strategi pemanfaatan video pembelajaran dengan ahli desain pembelajaran menghasilkan nilai 94,44% atau berada pada kategori “Sangat Layak”, sementara hasil validasi rubrik asessement menghasilkan 88,88 % atau dalam kategori “Sangat Layak”. Hasil belajar peserta didik setelah menerapkan startegi pemanfaatan video pembelajaran memperlihatkan peningkatan pemahaman dari semula pada kategori baik menjadi kategori sangat sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa strategi yang dikembangakan efektif dan berdampak terhadap hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

j-instech

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

J-INSTECH: Journal of Instructional Technology is a scientific journal that contains and disseminates the results of research, scientific studies and educational technology development that contributes to the understanding, development of theories and concepts of science, and Its application to ...