J-INSTECH: Journal of Instructional Technology
Vol 3, No 2 (2022)

Evaluasi Video Pembelajaran Senam Ritmik Mata Pelajaran PJOK di SDN Sekumpul Martapura

Rifki Reza Pahlevi (Universitas Lambung Mangkurat)
Fatimah Fatimah (Universitas Lambung Mangkurat)
Agus Hadi Utama (Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2022

Abstract

Kualitas media pembelajaran menjadi sebuah tuntutan bagi pengembang teknolog pendidikan guna menjamin penyampaian informasi pembelajaran yang bermakna. Untuk mengukur produk hasil pengembangan media pembelajaran, perlu dilakukan keberlanjutan program media pembelajaran berupa tahapan implementasi, evaluasi sumatif, dan difusi inovasinya. Produk pengembangan video pembelajaran senam ritmik mata pelajaran PJOK yang diimplementasikan pada SDN Sekumpul Martapura telah menjadi perhatian peneliti untuk melihat kelayakan isi materi dan kelayakan penyajiannya secara deskriptif kualitatif dengan model evaluasi sumatif Michael Sriven. Model evaluasi tersebut terdiri dari beberapa tahapan 1) analisis kebutuhan, 2) menentukan tujuan evaluasi, 3) merancang instrumen kelayakan isi materi dan penyajian, 4) validasi instrumen oleh para pakar ahli, 5) revisi instrumen, 6) uji coba lapangan, dan 7) menyusun laporan evaluasi sumatif.  Hasil evaluasi sumatif produk video pembelajaran senan ritmik mata pelajaran PJOK baik dari validasi pakar ahli isi materi dan pakar ahli penyajian menyatakan "baik" untuk didistribusikan secara massal di sekolah lain.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

j-instech

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

J-INSTECH: Journal of Instructional Technology is a scientific journal that contains and disseminates the results of research, scientific studies and educational technology development that contributes to the understanding, development of theories and concepts of science, and Its application to ...