Permasalahan pendidikan yang kerap dirasakan pada proses pembelajaran salah satunya yaitu penggunaan sumber belajar yang kurang efektif. Faktor yang menyebabkan diantaranya seperti fasilitas yang memadai, sumber belajar tidak sesuai keubutuhan, dan penggunaan sumber belajar yang tidak tepat guna. Penelitiian kali ini memiliki tujuan mengetahui kualitas multimedia pembelajaran dasar-dasar sinematografi pada mata kuliah media telvisi dan video di program studi Teknologi Pendidikan. Jenis penelitian ini ialah evaluatif dengan menerapkan model evaluasi formatif-sumatif yang dikembangkan oleh Michael Sriven. Hasil evaluasi formatif terhadap multimedia pembelajaran dasar-dasar sinematografi untuk aspek kelayakan isi/materi mendapatkan hasil dengan persentase 84,14% dalam kategorii “Sangat Baik”, aspek kelayakan pengajian media mendapatkan hasil dengan persentase 63% dengan kategorii “Baik”. Pada uji coba satu-satu mendapatkan persentase 80,25% berada pada kategorii “Sangat Baik” dan uji coba lapangan mendapatkan persentase 75,75% berada pada kategorii “Sangat Baik”. Hasil evaluasi sumatif menunjukan bahwa pada uji efektivitas multimedia pembelajaran dasar-dasar sinematografi memperoleh nilai presentase 75% dengan kategorii “sangat efektif” dan berdasarkan analisis uji-t menunjukan adanya perbedaan nilai antara pretest dan posttest. Nilai pretest 54.18 dan postest sebesar 86.30
Copyrights © 2023