Educatio
Vol 18 No 2 (2023): Educatio: Jurnal Ilmu Kependidikan

Internalisasi Nilai-Nilai Spiritual Dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Program Tahfidzul Qur’an

Lalu Rusmin Nuryadi (Universitas Hamzanwadi)
Padlurahman Padlurahman (Universitas Hamzanwadi)
Mashun Mashun (Universitas Hamzanwadi)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2024

Abstract

Realitanya manusia sebagai mahluq yang berfikir, pada era digitalisasi saat ini mau tidak mau mereka digiring untuk menikmati produk-produk hasil akal manusia yang berupa ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga menjadikan pola pikir mereka paragmatis, materealis, dan hedonis. Hal demikian dapat kita lihat dari semakin meningkatnya gaya hidup masyarakat yang konsumtif dan mengesampingkan norma yang berlaku dalam masyarakat trutama generasi milenial. Era digitalisasi yang ditandai dengan kemajuan teknologi berupa internet membawa prubahan besar dalam mengakses informasi yang serba gampang. Informasi bisa didapat kapan dan dimanapun kita berada, akan tetapi cepatnya informasi tersebut akan membawa perubahan tersendiri bagi masyarakat kita terutama perubahan moral anak bangsa. Degradasi moral anak bangsa merupakan suatu perhatian tersendiri bagi bangsa Indonesia. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui nilai-nilai spiritual dalam Program Tahfidzul Qur’an di SMP Islam Tahfidz Kerongkong, Untuk mengetahui proses internalisasi nilai-nilai spiritual dalam membentuk karakter siswa melalui program Tahfidzul Qur’an di SMP Islam Tahfidz Kerongkong, Untuk megetahui proses pembentukan karakter siswa melalui program Tahfidzul Qur’an di SMP Islam Tahfidz Kerongkong.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edc

Publisher

Subject

Education

Description

Educatio, ISSN: 1908-3224 (printed) and 2527-9998 (online), is an open access peer reviewed research journal that is published by the Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Hamzanwadi. Educatio is providing a platform for the researchers, academicians, professionals, practitioners ...