Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 1 (2023): JURNAL DIDIKA : WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR

Penerapan Pendekatan TPACK Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V SD Negeri 1 Panggung Harjo

Rovi Rohmawati Muflikha (Universitas PGRI Palembang)
M. Taheri Akhbar (Universitas PGRI Palembang)
Mega Prasrihamni (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V setelah diterapkannya pendekatan TPACK. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan sensus/sampling total diambil dari semua anggota populasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 1 Panggung Harjo dengan jumlah 16 peserta didik dan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 16 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunkaan adalah uji N-gain, uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, dan uji hipotesis yaitu uji paired sample t-test. Berdasarkan hasil pembahasan diperoleh nilai rata-rata dari pre-test sebesar 53,9 dan post-test memperoleh nilai sebesar 78,12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 ≤ 0,05, yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan yang signifikan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V setelah diterapkan pendekatan TPACK di SD Negeri 1 Panggung Harjo.

Copyrights © 2023