Jurnal Kualitas Pendidikan
Vol 2 No 1 (2024)

EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM PENDEKATAN BEHAVIOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Agung Ramadan (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Uli Makmun Hasibuan (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Inggit Dwi Ningsih (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
M. Ariq Azhari (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini menyimpulkan bahwa untuk mencapai pendidikan berkualitas di Indonesia, peningkatan proses pembelajaran di sekolah menjadi esensial. Motivasi belajar, sebagai kunci utama dalam meraih tujuan pendidikan, dipengaruhi oleh faktor-faktor internal (seperti kepercayaan diri) dan eksternal (seperti lingkungan belajar dan dukungan guru). Salah satu pendekatan yang efektif adalah penerapan layanan konseling kelompok dengan menggunakan teknik restrukturisasi kognitif dan pendekatan terapi perilaku kognitif (CBT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan ini mampu signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa, yang berdampak pada kinerja akademik yang lebih baik. Oleh karena itu, pemahaman yang mendalam tentang faktor-faktor yang memengaruhi motivasi belajar dan penerapan strategi yang tepat diharapkan dapat membantu mencapai standar pendidikan yang lebih tinggi di Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Kualitas pendidikan is Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate original works and current issues on the subject of research and studies in the field of education. Articles published in journals are the result of research or ideas in the field of education ...