Permainan tradisional hadang atau dalam bahasa Daerah Gorontalo di sebut (Kalari) merupakan olaharaga tradisional sebagai aset budaya bangsa yang memiliki unsur olah fisik tradisional. Permainan tradisional hadang yang saat ini sudah sangat jarang dimainkan oleh anak-anak memiliki kontribusi positif dalam meningkatkan kebugaran jasmani seseorang. Permainan rakyat yang berkembang cukup lama ini perlu dilestarikan, karena selain sebagai olahraga hiburan dan kebutuhan interaksi sosial, olahraga ini juga mempunyai potensi untuk meningkatkan kualitas atau kebugaran jasmani bagi pelakunya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah RD dengan menggunakan dua anilisis teknik pengumpulan data yaitu secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil rekapan dari uji hipotesis dari aspek kognitif, aspek  psikomotor, dan aspek afektif dengan syarat Berdasarkan kriteria pengujian bahwa tolak Ho ; jika thitung ttabel (2,51;Aspek Kognitif 3,67;Aspek Psikomotor dan 2,22;Aspek Afektif)  lebih besar dari 1,70 pada α = 0,05; n-1, oleh karena itu hipotesis alternatif atau Ha dapat diterima karena harga t hitung telah berada diluar daerah penerimaan Ho (Hipotesis Nol), sehingga dapat dinyatakan bahwa pengembangan permainan tradisional kalari di SMA Negeri 7 Gorontalo pada aspek kognitif, psikomotor, dan afektif dapat diterima dan digunakan pada proses pembelajaran Penjasorkes.The traditional game of Hadang or in the Gorontalo Regional language called (Kalari) is a traditional sport as a national cultural asset that has elements of traditional physical exercise. The traditional game of Hadang which is now very rarely played by children has a positive contribution in improving one's physical fitness. Folk games that have developed for a long time need to be preserved, because apart from being an entertainment sport and the need for social interaction, this sport also has the potential to improve the quality or physical fitness of the players. The method used in this research is RD by using two analysis of data collection techniques, namely qualitatively and quantitatively. The results of the recap of the hypothesis test from the cognitive aspect, psychomotor aspect, and affective aspect with the condition Based on the test criteria that reject Ho; if tcount ttable (2.51; Cognitive Aspects 3.67; Psychomotor Aspects and 2.22; Affective Aspects) is greater than 1.70 at = 0.05; n-1, therefore the alternative hypothesis or Ha can be accepted because the value of t-count is outside the area of acceptance of Ho (Hypothesis Zero), so it can be stated that the development of the traditional game of kalari at SMA Negeri 7 Gorontalo in cognitive, psychomotor, and affective aspects can accepted and used in the Physical Education learning process
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022