JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)
Vol 5 No 2 (2024)

Strategi Pengembangan Usaha Kerupuk Kamang Melalui Inovasi Produk dan Pemasaran Digital

Ratih Ramadhani (Unknown)
Adila Adisti (Universitas Andalas)
Chairunnisya (Universitas Andalas)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2024

Abstract

Ubi kayu merupakan komoditas unggulan di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Sejak puluhan tahun masyarakat setempat di Kecamatan Kamang Magek telah melakukan penganekaragaman produk olahan untuk meningkatkan nilai tambah ubi kayu yaitu usaha kerupuk kamang. Usaha ini merupakan warisan tradisi ekonomi masyarakat setempat. Namun, eksistensinya belum sepopuler olahan ubi kayu lainnya, seperti kerupuk sanjai dan karak kaliang. Kerupuk kamang memiliki potensi besar untuk dikembangkan karena daerah produksi memiliki comparative advantage. Namun, produksi, manajerial, pemasaran dan penjualan masih bersifat konvensional. Sehingga, pentingnya pembinaan yang berkelanjutan untuk membantu mengembangkan usaha kerupuk kamang menjadi industri rumah tangga yang berdaya saing di era digitalisasi. Tujuan pengabdian ini untuk memberdayakan UMKM Kerupuk Kamang DUA SAUDARA yang telah ada sejak 20 tahun lalu. Kegiatan ini membantu mitra menyelesaikan masalah produksi dan pemasaran yaitu dengan menambah pengetahuan mitra tentang pentingnya inovasi produk dan pemasaran digital serta recreate logo. Metode yang digunakan adalah metode pendekatan, seperti metode disksui interaktif dan metode pendampingan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurpikat

Publisher

Subject

Dentistry Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences

Description

JURPIKAT Publication (Journal of Community Service) is a source of information that aims to disseminate conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the field of community service. JURPIKAT (Journal of Community Service) specifically focuses on the main problems in ...