Menjalankan suatu bisnis tentunya perusahaan mempunyai visi dan misi untuk meningkatkan penjualan yang mereka jalankan. Untuk mendapatkan laba (keuntungan) yang besar, perusahaan mampu meningkatkan daya saing, dan meminimalkan biaya produk dalam pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen di PT Alexa Medika Pekanbaru. penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan penelitian verifikatif. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang ciri-ciri variabel (strategi pemasaran, kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen). Penelitian verifikatif adalah jenis penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antar variabel melalui suatu pengujian hipotesis menggunakan metode analisis jalur dengan bantuan aplikasi Smart PLS 7.0. Hasil penelitian diketahui bahwa hasil hipotesis pertama yaitu strategi pemasaran terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan ditunjukkan hasil p<0,05. Hasil peneliti hipotesis kedua yaitu strategi pemasaran terdapat pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas konsumen. Hasil penelitian dari hipotesis ketiga terdapat pengaruh yang signifikan antara kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen. Hasil dari penelitian hipotesis keempat strategi pemasaran mampu memediasi kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen PT Alexa Medika Pekanbaru dilihat dari nilai VAF nya > 20%. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada PT Alexa Medika Pekanbaru untuk meningkatkan strategi pemasaran dalam penjualan alat kesehatan guna untuk lebih meningkatnya juga dari hasil penjualannya.
Copyrights © 2023