cover
Contact Name
Ronal Kurniawan
Contact Email
kurniawanronal09@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
seamac@stedca.com
Editorial Address
Jl. Garuda II No.2, Kel. Labuh Baru Timur, Kec. Payung Sekaki Kota Pekanbaru, 28292 Indonesia
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
South East Asian Management Concern Journal
ISSN : -     EISSN : 30309212     DOI : https://doi.org/10.61761/seamac
Core Subject : Economy, Social,
South East Asian Management Concern Journal (SEAMAC) is a journal that publishes scientific research articles in all aspects of management science, including parts of Marketing Management, Financial Management, Entrepreneurship, Strategic Management, Operations Management, Human Resource Management, e-business, Management Information Systems, International Business, Business Economics, Business Ethics and Sustainability, Knowledge Management, Management Accounting, and Management Control Systems
Articles 20 Documents
Bauran Pemasaran, Kepuasan Pelanggan terhadap Keputusan Pembelian serta Implementasinya pada Loyalitas Pelanggan di UMKM Pasar Tradisional Desa Pantai Kabupaten Kuantan Singingi Adrivo Yananda; Arizal Arizal; Helwen Heri
South East Asian Management Concern Vol. 1 No. 1 (2023): November
Publisher : Science, Technology, and Education Care

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61761/seamac.1.1.1-11

Abstract

Penelitian Ini bertujuan untuk menguji pengaruh bauran pemasaran, kepuasan pelanggan dan keputusan pembelian terhadap loyalitas pelanggan di Pasar UMKM Tradisional Desa Pantai Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala model likert yang ukur variabel Y dan Z (Keputusan Pembelian Pelanggan dan loyalitas pelanggan), variabel X (bauran pemasaran dan kepuasan pelanggan). Sampel yang digunakan berjumlah 140 responden, dimana responden tersebut adalah orang yang berbelanja di Pasar Tradisional Desa Pantai Kabupaten Kuantan Singingi. Alat analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan SmartPLS. Berdasarkan penelitian ini pertunjukan bahwa bauran pemasaran dan kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, bauran pemasaran, kepuasan pelanggan, dan keputusan pembelian berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, secara umum, semua hipotesis di dalam penelitian ini dapat diterima
Upaya Peningkatan Kinerja Guru Abad 21 Melalui Pengembangan Kompetensi Profesionalisme Guru di SMP IT Darul Fikri Boarding School Selatpanjang Amrul Pahmi Hasibuan; Adolf Bastian; Nurfaisal Nurfaisal
South East Asian Management Concern Vol. 1 No. 1 (2023): November
Publisher : Science, Technology, and Education Care

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61761/seamac.1.1.12-17

Abstract

Tenaga guru adalah salah satu tenaga pendidik yang mempunyai peran sebagai salah satu faktor penentu keberhasilan tujuan pendidikan, karena guru yang langsung bersinggungan dengan peserta didik, untuk memberikan bimbingan yang akan menghasilkan tamatan yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya peningkatan kinerja guru abad 21 melalui pengembangan kompetensi profesionalisme guru di SMP IT Darul Fikri Boarding School Selatpanjang menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian menggunakan sampel populasi dengan jumlah 6 orang guru melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah deskriptif yang diterapkan dengan tiga jalur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa upaya yang dilakukan kepala sekolah dan guru dalam meningkatkan kinerja gurunya: 1) Mengadakan Pelatihan guru abad 21 dengan mengembangkan kompetensi keterampilan 4C, yaitu keterampilan, Communication, Collaboration, Critical Thinking, Creative and innovation. 2) Mengadakan Pelatihan dalam pengembangan kompetensi profesionalisme guru yaitu kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. 3) Mengadakan kelompok kerja guru. 4) Melakukan supervisi. 5) Memberikan penghargaan kepada guru berprestasi. Mengikuti pelatihan yang mendukung kualitas pembelajaran. 6) Banyak Membaca. 7) Aktif mengikuti kegiatan KKG (Kelompok Kerja Guru) dan Komunitas Guru. 8) Berupaya untuk melanjutkan kuliah S2. Dengan upaya yang dilakukan kinerja guru semakin baik dan kompeten.
Pengaruh Transformational Leadership terhadap Employee Engagement dengan Psychological Empowerment sebagai Variabel Mediasi Afrizal Afrizal; Agus Seswandi; Ririn Handayani
South East Asian Management Concern Vol. 1 No. 1 (2023): November
Publisher : Science, Technology, and Education Care

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61761/seamac.1.1.18-26

Abstract

Sumber daya manusia harus dikelola dengan baik untuk mencapai efektifitas dan efisiensi dari suatu perusahaan dan biasa dikenal dengan manajemen sumber daya manusia.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui transformational leadership terhadap employee engagement dengan psychological empowerment sebagai variabel mediasi. Sebagai subjek penelitian ini adalah 92 orang Pegawai di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bengkalis yang dikumpulkan datanya melalui kuesioner penelitian. Adapun analisis penelitian ini adalah analisis mediasi dengan menggunakan aplikasi olah data Smart-PLS 3. Hasil penelitian menyatakan bahwa transformational leadership tidak berpengaruh secara signifikan terhadap employee engagement di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bengkalis. Transformational leadership berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap psychological empowerment di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bengkalis. Psychological empowerment berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap employee engagement di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bengkalis. Transformational leadership yang dimediasi oleh psychological empowerment memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap employee engagement di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bengkalis. Data juga menunjukan bahwa adanya variabel mediasi merubah pengaruh transformational leadership yang secara langsung tidak berpengaruh menjadi berubah berpengaruh setelah adanya variabel mediasi psychological empowerment. Hal ini juga dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai koefisien determinasi dari hubungan langsung antara Transformational leadership dan employee engagement yang sebelumnya 52.1% meningkat setelah diberikan mediasi oleh psychological empowerment menjadi 68.9%
Dampak Dukungan Sosial Pimpinan dan Keluarga terhadap Work Family Balance dan Kepuasan Kerja Individu Nova Uli Agustina; Rasyid Abdillah; Ali Asfar
South East Asian Management Concern Vol. 1 No. 1 (2023): November
Publisher : Science, Technology, and Education Care

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61761/seamac.1.1.27-34

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dampak dukungan sosial pimpinan terhadap work family balance pada tenaga kesehatan di Puskesmas Kec. Bagan Sinembah. Secara khusus, penelitian ini menggunakan mekanisme work family balance atau keseimbangan antara keluarga dan pekerjaan di tempat kerja sebagai mekanisme psikologis yang mendasari hubungan kedua variabel tersebut. Dengan melibatkan responden berjumlah 68 orang yang bekerja sebagai tenaga kesehatan di Puskesmas Kec. Bagan Sinembah dan menggunakan analisis SEM-PLS, dimana penelitian ini menemukan bahwa dukungan sosial pimpinan yang dirasakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Work Family Balance, sedangkan dukungan sosial keluarga yang dirasakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap work family balance. Implikasi manajerial yang dirasakan pegawai pada penelitian ini yaitu dukungan sosial pimpinan mampu meningkatkan kepuasan kerja, melalui work family balance, dan dukungan sosial keluarga terhadap work family balance, sehingga terciptanya kepuasan kerja bagi tenaga kesehatan di Puskesmas Kec. Bagan Sinembah
Analisis Strategi Pemasaran Alat Kesehatan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen di PT. Alexa Medika Pekanbaru Septi Wulandari; Junaidi Junaidi; Helwen Heri
South East Asian Management Concern Vol. 1 No. 1 (2023): November
Publisher : Science, Technology, and Education Care

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61761/seamac.1.1.35-40

Abstract

Menjalankan suatu bisnis tentunya perusahaan mempunyai visi dan misi untuk meningkatkan penjualan yang mereka jalankan. Untuk mendapatkan laba (keuntungan) yang besar, perusahaan mampu meningkatkan daya saing, dan meminimalkan biaya produk dalam pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen di PT Alexa Medika Pekanbaru. penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif  dan penelitian verifikatif. Penelitian  deskriptif adalah penelitian yang bertujuan untuk memperoleh  deskripsi tentang ciri-ciri variabel (strategi pemasaran, kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen). Penelitian verifikatif adalah jenis penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antar variabel melalui suatu pengujian hipotesis menggunakan metode analisis jalur dengan bantuan aplikasi Smart PLS 7.0.  Hasil penelitian diketahui bahwa hasil hipotesis pertama yaitu strategi pemasaran terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan ditunjukkan hasil p<0,05. Hasil peneliti hipotesis kedua yaitu strategi pemasaran terdapat pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas konsumen. Hasil penelitian dari hipotesis ketiga terdapat pengaruh yang signifikan antara kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen. Hasil dari penelitian hipotesis keempat strategi pemasaran mampu memediasi kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen PT Alexa Medika Pekanbaru dilihat dari nilai VAF nya > 20%. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada PT Alexa Medika Pekanbaru untuk meningkatkan strategi pemasaran dalam penjualan alat kesehatan guna untuk lebih meningkatnya juga dari hasil penjualannya.
Pengaruh Pelatihan, Kepemimpinan, dan Kesejahteraan melalui Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan di PT. Gerbang Sawit Indah Rokan Hulu – Riau Ales Sandro Volta; Fahmi Oemar; Nurfaisal Nurfaisal
South East Asian Management Concern Vol. 1 No. 2 (2024): May
Publisher : Science, Technology, and Education Care

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61761/seamac.1.2.41-50

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan, kepemimpinan, dan kesejahteraan terhadap kepuasan kerja dan dampaknya pada kinerja karyawan di PT. Gerbang Sawit Indah Rokan Hulu–Riau. Penelitian ini dilakukan di PT. Gerbang Sawit Indah Rokan Hulu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, sempel penelitian ini adalah karyawan sebanyak 78 orang dengan mengunakan metode pengambilan sampel non probability sampling, hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelatihan, kepemimpinan, dan kesejahteraan melalui kepuasan kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja  karyawan. Secara parsial variabel pelatihan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja, variabel kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja, variabel kesejahteraan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan.
Analisa Pengaruh Beban Kerja, Kepuasan Kerja, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Perawat dan Tenaga Kesehatan di Lingkungan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Rokan Hulu Reni Kristanti; Adolf Bastian; Donal Devi Amdanata
South East Asian Management Concern Vol. 1 No. 2 (2024): May
Publisher : Science, Technology, and Education Care

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61761/seamac.1.2.51-59

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh beban kerja, kepuasan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja tenaga kesehatan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah tenaga kesehatan RSUD Rokan Hulu yang berjumlah 262 responden. Data penelitian diperoleh dari hasil pengisian kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis SEM PLS dengan bantuan program SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) beban kerja berpengaruh negatif terhadap kinerja, semakin tinggi beban kerja yang diterima tenaga kesehatan semakin menurun kinerja, tenaga kesehatan dengan beban kerja sangat tinggi cenderung memiliki kinerja yang lebih rendah dibandingkan tenaga kesehatan dengan beban kerja sewajarnya sehingga tenaga kesehatan tersebut memiliki kesempatan untuk memaksimalkan setiap pekerjannya; (2) Kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja, tenaga kesehatan dengan kepuasan kerja tinggi cenderung akan memiliki kinerja yang tinggi, sementara tenaga kesehatan yang memiliki kepuasan kerja rendah cenderung tidak termotivasi dalam menghasilkan kinerja yang tinggi sehingga kinerjanya cenderung rendah; (3) Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja, tenaga kerja dengan motivasi kerja tinggi selalu ingin mengupayakan hasil kerja yang maksimal, semakin tinggi motivasi kerja tenaga kesehatan maka semakin tinggi kinerja tenaga kesehatan tersebut.
Pengaruh Kepribadian Pegawai terhadap Kebosanan Kerja dengan Job Crafting sebagai Pemediasi di PT. PLN Bengkalis Sudirman Sudirman; Agus Seswandi; Hadiyati Hadiyati
South East Asian Management Concern Vol. 1 No. 2 (2024): May
Publisher : Science, Technology, and Education Care

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61761/seamac.1.2.60-65

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan mekanisme yang mendasari hubungan antara kepribadian pegawai dan kebosanan kerja melalui variabel job-crafting. Penelitian ini dilakukan pada PT. PLN Bengkalis, Kabupaten Bengkalis yang dimana data diambil dari karyawan PT. PLN Bengkalis tersebut. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 200 sebagai sampel. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif, uji validitas konvergen, diskriminan, dan uji reliabilitas pada analisis SEM-PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 4 dari 5 kepribadian pegawai, yaitu extroversion, agreeableness, conscientiousness, dan emotional stability, berpengaruh positif terhadap kebosanan kerja dan 1 dari 5 dari kepribadian pegawai, yaitu openness to experience), secara khusus penelitian ini bertentangan dengan hipotesis dalam penelitian ini, yaitu sebuah fenomena dengan menemukan bahwa job-crafting tidak memediasi hubungan antara kepribadian pegawai dan kebosanan kerja.
Perilaku Pemimpin Psychological Capital terhadap Kinerja Organisasi dan Organization Support sebagai Mediasi di RST TK. IV Pekanbaru Gani Yostama Priyanto; Junaidi Junaidi; Jeni Wardi
South East Asian Management Concern Vol. 1 No. 2 (2024): May
Publisher : Science, Technology, and Education Care

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61761/seamac.1.2.66-73

Abstract

Perusahaan yang baik harus memiliki seorang pemimpin dengan jiwa kepemimpinan yang baik serta dapat diandalkan. Dalam meningkatkan kinerja karyawan diperlukan peningkatan kemampuan, usaha, dan dukungan organisasi. Dukungan organisasi (organizational support) akan berdampak terhadap meningkatnya kualitas para pekerja. Peningkatan kualitas pekerja juga dipengaruhi oleh kondisi psikologis (psychological capital) yang cenderung positif. Untuk mengetahui pengaruh perilaku pemimpin dan psycological capital terhadap kinerja organisasi dengan organizational support sebagai mediasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan kausal. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh karyawan yang bekerja di RST IV Pekanbaru sebanyak 79 orang. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah model persamaan struktural atau structural equation modelling (SEM) dengan program SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel perilaku kepemimpinan terhadap kinerja organisasi memiliki nilai t hitung 0,598 < t tabel 1,96, dengan P value 0,550 > 0,05. Variabel psychological capital terhadap kinerja organisasi memiliki nilai t hitung 2,909 > t tabel 1,665, dengan P value 0,004 > 0,05. Variabel perilaku pemimpin terhadap kinerja organisasi melalui mediasi organizational support memiliki nilai t hitung 0,044 < t tabel 1,96, dengan P value 0,965 > 0,05 dan variabel psychological capital terhadap kinerja organisasi melalui mediasi organizational support memiliki nilai t hitung 0,031 < t tabel 1,96, dengan P value 0,976 > 0,05. Hasil dari beberapa indikator tersebut menunjukkan bahwa variabel yang memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja organisasi adalah psychological capital. Sehingga peningkatan kualitas karyawan dapat dilakukan dengan cara melakukan pelatihan atau sesi Focus Group Discussion (FGD) dengan tujuan dapat mendengarkan keluhan ataupun masukan yang membangun perusahaan.
Servicescape dan Revisit Intention: Mekanisme dari Kepercayaan pada Layanan dan Kredibilitas Layanan di Pusat Layanan Kesehatan Kota Pekanbaru Rizki Nurhikmah; M. Rasyid Abdillah; Arizal Arizal
South East Asian Management Concern Vol. 1 No. 2 (2024): May
Publisher : Science, Technology, and Education Care

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61761/seamac.1.2.74-82

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh servicescape terhadap revisit intention dengan variabel kepercayaan pada layanan dan kredibilitas pada layanan sebagai variabel mediasi. Penelitian ini dilakukan kepada seluruh masyarakat yang ada di Kota Pekanbaru yang pernah melakukan atau menggunakan jasa penyedia layanan kesehatan seperti rumah sakit, klinik ataupun puskesmas. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan metode menggunakan SEM (Structural Equation Modeling) dengan program WarpPLS 5 untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa servicescape berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan layanan pada pusat layanan kesehatan Kota Pekanbaru, servicescape berpengaruh signifikan terhadap kredibilitas layanan di pusat layanan kesehatan Kota Pekanbaru, kepercayaan layanan berpengaruh signifikan terhadap revisit intention pada pelayanan di pusat layanan kesehatan Kota Pekanbaru, kredibilitas layanan berpengaruh signifikan terhadap revisit intention pada pelayanan di pusat layanan kesehatan Kota Pekanbaru, Servicescape tidak berpengaruh signifikan terhadap revisit intention pada pusat layanan kesehatan Kota Pekanbaru, dan servicescape melalui mediasi kepercayaan pada layanan berpengaruh signifikan terhadap revisit intention. Variabel servicescape melalui mediasi kredibilitas pada layanan berpengaruh signifikan terhadap revisit intention.

Page 1 of 2 | Total Record : 20