LINEAR: Journal of Mathematics Education
Vol. 5 No. 1 (2024): Volume 5 Nomor 1 Juni 2024

PENGEMBANGAN EDUGAME ARISA BERBASIS ANDROID BERBANTUAN ADOBE ANIMATE PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII

Zulfikri, Ahmad (Unknown)
Auliya, Nanang Nabhar Fakhri (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan sebuah game bernama Arisa yang berfokus pada materi aritmetika sosial, kemudian akan dinilai kelayakannya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Kelayakan game ini dievaluasi melalui uji kelayakan ahli media, uji kelayakan ahli materi, serta respon siswa di SMP Plus Abayasa Pati. Hasil uji kelayakan ahli materi menunjukkan bahwa game Arisa mendapat tingkat kelayakan sebesar 92,5%, dengan kategori sangat layak. Uji kelayakan ahli media juga memberikan tingkat kelayakan sebesar 87,5%, dengan kategori sangat layak. Uji coba pada siswa dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok kecil dan kelompok besar, dengan tingkat kelayakan masing-masing sebesar 84,88% dan 84,68%, keduanya dinilai sangat layak. Oleh karena itu, game Arisa dianggap sangat layak dan efektif dalam mendukung pembelajaran matematika, terutama pada materi aritmetika sosial.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

linear

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research ...