LINEAR: Journal of Mathematics Education
Vol 3 No 2 (2022): Volume 3 Nomor 2 Desember 2022

PROSES MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF TIPE FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT

Chaerani Reza Puspita (Institut Agama Islam Negeri Metro)
Fertilia Ikashaum (Institut Agama Islam Negeri Metro)
Fitria Lestari (Universitas Muhammadiyah Lampung)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2022

Abstract

Abstrak Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) proses berpikir siswa dengan gaya kognitif tipe field dependent dalam pemecahan masalah matematika, (2) proses berpikir siswa kelas dengan gaya kognitif tipe field independent dalam pemecahan masalah matematika. Subjek dalam penelitian adalah 4 siswa, dengan 2 siswa tergolong tipe field independent dan 2 siswa tergolong tipe field dependent. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu menggunakan tes dan wawancara yang dilakukan pada subjek yang telah terpilih. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu 2 subjek dari kelompok gaya kognitif field independent dan 2 subjek dari kelompok gaya kognitif field dependent tergolong pada tipe proses berpikir semikonseptual. Subjek yang terpilih memenuhi indikator pada proses berpikir semikonseptual yaitu tipe berpikir siswa dalam memecahkan suatu permasalahan dengan menggunakan konsep yang telah dipelajari namun tidak sepenuhnya lengkap.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

linear

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research ...