Tujuan Penelitian ini adalah memaparkan gambaran keterampilan sosial pada siswa serta implikasi dalam layanan bimbingan konseling. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 3 kelas parallel yaitu kelas VII, VIII, dan kelas IX yang berjumlah 196 siswa, dan untuk menentukan sampel atau Kelas yang menjadi subjek penelitian digunakan teknik purposive sampling yaitu sampel diambil dengan maksud dan tujuan tertentu. Adapun sampel yang dipilih adalah kelas VIII dengan jumlah 63 siswa. Instrumen keterampilan sosial yang digunakan adalah Skala model likert. Secara keseluruhan skor capaian responden untuk keterampilan sosial siswa di SMP Perintis Depok berada kategori sedang 47,62%. Dilihat pada aspek terdapat kategori tinggi aspek peer acceptance yaitu sebesar 72,78%, perilaku interpersonal 72,57%, keterampilan komunikasi 71,92% kategori sedang aspek hubungan diri sendiri yaitu sebesar 63,35%, dan kategori rendah aspek kesuksesan akademis sebesar 52,02%..
Copyrights © 2023