Cenderawasih Journal of Counseling and Education
Vol 2 No 2 (2023): Cenderawasih Journal of Counseling and Education

Gambaran Keterampilan Sosial Siswa dan Implikasi dalam Layanan Bimbingan Konseling

Solihatun, Solihatun (Unknown)
Nur hakim, Devita (Unknown)
Tobing, Christine Masada Hirashita (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2024

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah memaparkan gambaran keterampilan sosial pada siswa serta implikasi dalam layanan bimbingan konseling. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 3 kelas parallel yaitu kelas VII, VIII, dan kelas IX yang berjumlah 196 siswa, dan untuk menentukan sampel atau Kelas yang menjadi subjek penelitian digunakan teknik purposive sampling yaitu sampel diambil dengan maksud dan tujuan tertentu. Adapun sampel yang dipilih adalah kelas VIII dengan jumlah 63 siswa. Instrumen keterampilan sosial yang digunakan adalah Skala model likert. Secara keseluruhan skor capaian responden untuk keterampilan sosial siswa di SMP Perintis Depok berada kategori sedang 47,62%. Dilihat pada aspek terdapat kategori tinggi aspek peer acceptance yaitu sebesar 72,78%, perilaku interpersonal 72,57%, keterampilan komunikasi 71,92% kategori sedang aspek hubungan diri sendiri yaitu sebesar 63,35%, dan kategori rendah aspek kesuksesan akademis sebesar 52,02%..

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JOGC

Publisher

Subject

Education Public Health Other

Description

Cenderawasih Journal of Counseling and Education focused to publish high-quality articles dedicated to all aspects of the latest outstanding research and developments in the fields of Psychology, Counseling, Education, and Psychotheraphy in a cross settings. The scope of this journal encompasses to ...