Journal of Economics and Business
Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Economics and Business

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KAIN SONGKET DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM DI KOTA PALEMBANG

Nurijal (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia)
Rista April Diyanti (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia)
Fitriyeni (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia)
Adela Monica (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia)
Maya Panorama (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2023

Abstract

Abstrak Pemasaran merupakan faktor kunci yang perlu diperhatikan untuk memenuhi atau menarik konsumen yang diharapkan. Berbagai jenis UMKM yang ada dan berbagai jenis produk yang ditawarkan semuanya hampir sama, karena produk UMKM mudah dibuat dengan bahan yang murah, perlu inovasi yang lebih kreatif agar menarik. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan pendapat. Dengan bantuan analisis SWOT, untuk mengetahui seberapa berorientasi target strategi pemasaran. Hal ini meliputi faktor internal yaitu kekuatan dan kelemahan, dan faktor eksternal yaitu peluang dan ancaman kepemilikan UMKM. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan penelitian dokumen dan deskriptif analitik. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa Sesuai dengan judul dan tujuan dari penelitian ini serta telah diuraikan mengenai lokasi penelitian dan analisa SWOT yang sudah diuraikan secara mendalam. Pada kegiatan UMKM memilki faktor internal atau sumber daya manusia dalam hal ini UMKM Pondok Kain Songket Yuk Nita memiliki berbagai jenis kain dan masih terus berinovasi agar tetap diterima di pasaran. Kata Kunci Strategi Pemasaran, UMKM, Pendapatan.Abstrak Pemasaran merupakan faktor kunci yang perlu diperhatikan untuk memenuhi atau menarik konsumen yang diharapkan. Berbagai jenis UMKM yang ada dan berbagai jenis produk yang ditawarkan semuanya hampir sama, karena produk UMKM mudah dibuat dengan bahan yang murah, perlu inovasi yang lebih kreatif agar menarik. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan pendapat. Dengan bantuan analisis SWOT, untuk mengetahui seberapa berorientasi target strategi pemasaran. Hal ini meliputi faktor internal yaitu kekuatan dan kelemahan, dan faktor eksternal yaitu peluang dan ancaman kepemilikan UMKM. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan penelitian dokumen dan deskriptif analitik. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa Sesuai dengan judul dan tujuan dari penelitian ini serta telah diuraikan mengenai lokasi penelitian dan analisa SWOT yang sudah diuraikan secara mendalam. Pada kegiatan UMKM memilki faktor internal atau sumber daya manusia dalam hal ini UMKM Pondok Kain Songket Yuk Nita memiliki berbagai jenis kain dan masih terus berinovasi agar tetap diterima di pasaran.Kata Kunci Strategi Pemasaran, UMKM, Pendapatan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ECONIS

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of Economics and Business is a scientific journal published by CV. Doki Course and Training. The papers to be published in ECONIS are research articles (quantitative or qualitative research approaches), literature studies or original ideas that are considered to contribute to scientific ...