Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ)
Vol. 5 No. 1 (2024): Community Engagement & Emergence Journal (CEEJ)

Pendampingan Penyusunan Perangkat Pembelajaran : IKM di SDIP YLPI

Sri Rezeki (Universitas Islam Riau)
Sindi Amelia (Universitas Islam Riau)
Ibnu Hajar (Universitas Islam Riau)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2024

Abstract

Penyempurnaan kurikulum berdampak kepada perubahan perangkat pembelajaran sebagai bagian integral dari standar proses pembelajaran. Transformasi ini menimbulkan sejumlah tuntutan bagi para pendidik, termasuk guru-guru di SDIP YLPI. Oleh karena itu, diperlukan pendampingan intensif kepada para guru agar dapat merancang perangkat pembelajaran yang sesuai dengan komponen yang telah ditetapkan pemerintah, sehingga dapat efektif diterapkan di kelas. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendampingan intensif kepada guru kelas di SDIP YLPI dalam proses penyusunan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka, baik dari segi komponen maupun kontennya. Kegiatan ini menggunakan metode FGD (Focus Group Discussion) yang diawali dengan penyampaian materi tentang komponen ATP dan Modul Ajar, pendampingan penyusunan perangkat pembelajaran, serta simulasi perangkat pembelajaran tersebut untuk digunakan di kelas. Pengabdian kepada Masyarakat ini menghasilkan sebuah perangkat pembelajaran kurikulum merdeka untuk kelas tinggi yang disusun secara bersama-sama oleh para guru kelas di SDIP YLPI dan telah disimulasikan penggunaannya. Untuk meningkatkan jumlah perangkat pembelajaran yang dihasilkan pada kegiatan ini, disarankan untuk melibatkan lebih banyak tim pada saat pendampingan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ceej

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Health Professions

Description

CEEJ is a journal for the development and application of science and technology that includes publication of the results of community service activities, models or concepts or their implementation in the context of increasing community participation in development, community empowerment or the ...