Journal of Exploratory Dynamic Problems
Vol. 1 No. 1 (2024)

Meningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Cooperatif Tipe Think Pair Share (TPS ) Pada Pembelajaran IPS Di Kelas VI SDN 15 Murni Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman

Alvionita, Vivi (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2024

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan tipe Think Pair Share (TPS) di kelas VI SDN 15 Murni, Kabupaten Pasaman. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan (di akhir siklus dilaksanakan tes akhir siklus). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 15 Murni, yang berjumlah 20 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaan aspek siswa, lembar penilaian aspek guru dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat diketahui bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I adalah 68, jumlah siswa yang mencapai KKM hanya 60% dan rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus II adalah 80,8, jumlah siswa yang mencapai KKM 90%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas VI SDN 15 Murni, Kabupaten Pasaman. Peneliti menyarankan agar guru dapat menerapkan tipe TPS ini dalam pembelajaran IPS dengan baik sesuai dengan materi yang diajarkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edp

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal of Exploratory Dynamic Problems adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, bisnis dan ekonomi, Koperasi, teknologi, ilmu ...